Napi di Lapas Narkotika Hanya Bisa Memilih untuk Pilwako

"DPT dari KPU Pangkalpinang mereka yang mendata dan di klarifikasi, nama yang ada di DPT itulah besok yang bisa memilih. Memang

Napi di Lapas Narkotika Hanya Bisa Memilih untuk Pilwako
Bangka Pos/Krisyanidayati
kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang, Yugo Indra Wicaksi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Lapas Narkotika Kelas II Pangkalpinang hanya akan melaksanakan pemilihan walikota pada Pilkada serentak, Rabu (27/6/2018) besok.

Padahal penghuni lapas terdiri dari 864 orang berasal dari berbagai kabupaten. Namun yang hanya bisa menggunakan hak suaranya sebanyak 131 orang.

"Kita hanya melaksanakan pemilihan untuk Pilwako saja, karena ini yang difasilitasi KPU Pangkalpinang. Terdaftar di DPT kita 154 orang 21 orang sudah keluar, dan ada 1 orang ganda. Jadi total mata pilih kita hanya 131 orang yang besok akan memilih di TPS 9 di dalam lapas," kata kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang, Yugo Indra Wicaksi, Selasa (26/6/2018).

Ia menyampaikan data pemilih ini disampaikan langsung oleh KPU, ia menyebutkan hanya warga Pangkalpinang yang dapat memilih lantaran letak lapas berada di Pangkalpinang.

"DPT dari KPU Pangkalpinang mereka yang mendata dan di klarifikasi, nama yang ada di DPT itulah besok yang bisa memilih. Memang di lapas ada yang dari Bangka dan Belitung, tapi memang yang bisa hanya milih Pangkalpinang karena posisi lapas memang di Pangkalpinang, kalau pemilihan Gubernur bisa seluruhnya," katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan TPS yang terletak di tengah lapas. Tenda dan bilik suara juga sudah turut dipersiapkan untuk pemilihan yang direncanakan akan berlangsung pukul 07.00 WIB.

Sebelumnya, ia mengatakan pihak KPU sudah melakukan sosialisasi ke lapas untuk menjelaskan mekanisme pemilihan dan calon-calon yang akan dipilih.

"Ada 9 petugas, 2 Pam sisanya petugas lapas yang sudah diverifikasi dan dikasih pelatihan oleh KPU. Para pemilih juga sudah dapatkan c6 mereka, mereka sudah tau caranya. Rencananya, besok jam 6 kami akan kelurahan mengambil kotak suara jam 7 mulai pemungutan," sebutnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help