23 Pemegang IPPKH di Babel Tak Lakukan Rehabilitasi DAS

Berdasar data hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi penanaman rehabilitas DAS bagi pemegang IPPKH di Babel tahun 2018

23 Pemegang IPPKH di Babel Tak Lakukan Rehabilitasi DAS
Bangka Pos/Krisyanidayati.
rapat bersama dengan pemegang IPKKH di Babel, di ruang rapat Tanjung Pesona, Jum'at (29/6/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - 23 Pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum pernah melakukan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berdampak pada rusaknya DAS.

Umumnya pemegang IPPKH yang bergerak dalam bidang penambangan pasir kuarsa yang tidak melakukan rehabilitasi DAS.

"Berdasar data hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi penanaman rehabilitas DAS bagi pemegang IPPKH di Babel tahun 2018 ada 23 pemegang IPPKH belum melaksanakan rehabilitasi DAS dari 34 pemegang IPPKH," kata kepala dinas kehutanan Babel, Marwan usai rapat bersama dengan pemegang IPKKH di Babel, di ruang rapat Tanjung Pesona, Jum'at (29/6/2018).

Melalui forum ini pihaknya meminta pemegang IPPKH untuk menyampaikan persoalan tidak melakukan rehabilitasi DAS.

Padahal ini merupakan tanggungjawab mereka untuk menjaga kelestarian hutan.

"kita panggil dan tanya apa penyebabnya apa, tapi mereka tidak mengungkapkan. Kita mau tau apa kendalanya, apa karena memang kurang sosialisasi, kita ingatkan mereka bagaimana cara mereha DAS karena ini tanggungjawab mereka," tegasnya.

Menurutnya, Rehabilitasi DAS bisa dilakukan dengan penanaman pohon yang sejenis dan sesuai dengan kondisi hutan. Jika memang perusahaan merasa tidak mengetahui pihaknya dapat membantu melalui UPTD di masing-masing kabupaten.

"Misalnya dananya dari mereka, nanti yang melakukan rehabnya dan menanam dari UPTD, terutama Perusahaan penambangan pasir kuarsa ini yang paling banyak tidak melakukan rehabilitasi," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved