30 Rumah Warga Desa Delas Tergenang Air

saat ini genangan air di desa Delas berangsur surut. Bahkan sebagian warga mulai membersihkan puing-puing dan lumpur sisa genangan air

30 Rumah Warga Desa Delas Tergenang Air
ist
genangan Air di jalan Desa Delas, Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hujan yang mengguyur Kabupaten Bangka Selatan, sejak Jumat (29/6/2018) kemarin, membuat 30 rumah warga di desa Delas, Kecamatan Air Gegas tergenang air.

Namun hingga Sabtu (30/6/2018) sore tadi genangan air berangsur surut. Hanya saja, sebagian teras rumah warga masih digenangi air.

Camat Air Gegas Yonsalakari mengatakan, saat ini genangan air di desa Delas berangsur surut. Bahkan sebagian warga mulai membersihkan puing-puing dan lumpur sisa genangan air.

" Dari data yang kami terima ada sekitar 30 warga desa Delas yang tergenang air. Tapi sore tadi air sudah berangsur surut dan warga sudah mulai bersih-bersih rumah," ujar Yonsalakari kepada bangkapos.com, Sabtu (30/6/2018).

Yonsalakari, menyebut banjir dan genangan air yang melanda desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, dipicu selain intensitas dan tingginya curah hujan sejak Jumat (29/6/2018) kemarin, juga dipicu pendangkalan.

Selain itu, dam sepanjang aliran sungai desa Delas terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung debit air ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

" Disamping intensitas hujan kemarin tinggi, memang terjadi pendangkalan. Jadi memang baikknya itu harusnya dam sungai itu di perlebar dan dilakukan normalisasi sehingga daya tampung air cukup besar," ujar Yonsalakari.(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved