Mencari Pekerjaan Sekarang Semakin Mudah Dengan BKOL

BKOL ini menyediakan informasi pasar kerja yang lengkap serta memfasilitasi proses hubungan langsung antara pencari

Mencari Pekerjaan Sekarang Semakin Mudah Dengan BKOL
Kompas.com
Antrean ribuan pencari kerja mengular untuk masuk ke Gedung Balai Kartini, Jakarta, tempat berlangsungnya bursa kerja KompasKarier.com Fair, Jumat (28/8). Bonus demografi yang ditandai dengan banyaknya penduduk usia produktif pada tahun 2020-2030 harus dimanfaatkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kementerian Ketenagakerjaan telah mengoperasikan Bursa Kerja Online (BKOL) yang terintegrasi di 496 kabupaten/kota di 34 provinsi untuk mempercepat pengurangan angka pengangguran.

"BKOL ini menyediakan informasi pasar kerja yang lengkap serta memfasilitasi proses hubungan langsung antara pencari dan pemberi kerja dengan memanfaatkan teknologi internet," kata Kabid Tenaga Kerja DPM Nakertrans Pemkab Bangka Barat Khairullah kepada Bangkapos.com, Sabtu (30/6).

Khairullah mengatakan BKOL memiliki nilai penting dan strategis untuk mempercepat proses perekrutan dan penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien dan efektif.

"Sistem yang terintegrasi dalam BKOL itu berisi data pencari kerja, lowongan pekerjaan, kesempatan pelatihan, bursa kerja dan penciptaan lapangan kerja termasuk kesempatan kerja bagi disabilitas. Sistem itu mendukung analisis pasar tenaga kerja yang akurat sehingga informasi ketersediaan tenaga kerja dapat sesuai tuntutan pasar tenaga kerja domestik dan internasional," jelas Khairullah.

" Para pencari kerja dan perusahaan bisa mengakses laman http://infokerja.naker.go.id/ untuk mencari daftar lowongan pekerjaan yang tersedia atau membuka situs BKOL di wilayahnya masing-masing, termasuk di kabupaten Bangka Barat," lanjutnya.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help