Kerugian Akibat Tanaman Sayur Terendam Air di Rias Capai Puluhan Juta

Kalau kerugian materil di rumah sih tidak seberapa, cuma kalau kerugian sayuran ini mencapai puluhan juta. Karena kan yang

Kerugian Akibat Tanaman Sayur Terendam Air di Rias Capai Puluhan Juta
ist
Banjir yang menggenangi rumah warga di desa Rias, Kecamatan Toboali beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Banjir dan genangan air yang melanda dusun Trans Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, membuat petani mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Warsid warga RT 05 Trans Rias, Kecamatan Toboali, mengatakan besarnya kerugian ini lantaran tanaman sayuran yang tergenang air sudah memasuki waktu panen.

Namun, tingginya intensitas hujan yang melanda Bumi Junjung Besaoh akhir-akhir ini, membuat dusun Trans Rias, Kecamatan Toboali digenangi air.

" Kalau kerugian materil di rumah sih tidak  seberapa, cuma kalau kerugian sayuran ini mencapai puluhan juta. Karena kan yang tergenang air ini sudah kami tanam dari kecil, namun pas mau panen terendam air seperti ini," ujar Warsid menghubungi bangkapos.com, Minggu (1/8/2018).

Belum adanya Dam dan siring, menjadi pemicu terjadinya genagan air di dusun Trans Rias, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Dikatakan Warsid, selama ini belum ada dam atau siring yang pembuangannya mengarah ke laut.

Sementara jika dilanda hujan aliran air dari arah Metukul, Bendungan, Trans Baru, Bendungan bermuara ke dusun Trans Rias sehingga mayoritas tanaman sayur petani digenangi air.

" Selama inikan air bermuara ke dusun kami saja. Baik dari Metukul, bendungan semua ngalir dan bermuaranya ke dusun kami. Seharusnya pemerintah membuat siring atau dam yang arah pembuangan airnya langsung ke laut," imbuh Warsid.(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help