Banyak Sekolah di Bateng Tak Merata, Ini Akibatnya dalam PPDB

Dengan adanya penerimaan siswa baru tetap mengikuti aturan dari Kementerian Pendidikan

Banyak Sekolah di Bateng Tak Merata, Ini Akibatnya dalam PPDB
Bangka Pos / Riki Pratama
Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SDN 1 Koba telah dibuka mulai hari ini, Senin (2/7/2018) hingga Kamis (5/7/2018). Terlihat foto orang tua siswa yang sedang mengambil formulir pendaftaran penerimaan siswa baru 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Yahyan mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih ada kendala terutama zona sekolah yang tidak merata.

"Belum merata letak sekolah sehingga ada kelebihan dan kekurangan dalam satu sekolah, itu yang akan kita perbaiki kedepanya.Karena setiap wilayah harus memiliki sekolah agar bisa menampung siswa,"ujar Yahyan kepada wartawan, Senin (2/7/2018)

Ia menambahkan, bahwa daya tampung sekolah SMP di Bangka Tengah berjumlah 3.380 siswa, dengan jumlah lulusan 3.490 tahun 2018.

Dengan adanya penerimaan siswa baru dirinya tetap mengikuti aturan dari Kementrian Pendidikan untuk menerima siswa didik.

"Aturanya menggunakan sistem zonasi terdekat dengan sekolah, berprestasi zona terdekat 90 persen dari total siswa yang diterima. Kemudian siswa berprestasi persentasenya 5 persen, dan karena bencana alam misalnya ada siswa pada saat tinggal di Sungailiat pindah ke Koba harus diterima, itu persentasenya 5 persen,"lanjutnya

Ia mengatakan prestasi itu bisa berbagai macam baik dari segi olahraga, akademik dan seni.

"Tetapi di seleksi juga, dilihat pula nem dan prestasi mana yang terbaik, dari penerimaan ini diharapkan semua siswa bisa bersekolah dan tertampung oleh sekolah, ayo sekolah,"ujarnya.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved