Kuota 30 Persen Untuk Partisipasi Perempuan Dalam Pileg 2019 Wajib

Partisipasi kaum perempuan dalam pileg tahun 2019 ini sangat diperhatikan, khususnya keikutsertaan caleg perempuan Kota Pangkalpinang

Kuota 30 Persen Untuk Partisipasi Perempuan Dalam Pileg 2019 Wajib
Bangka Pos / Yudha Palistian
Ketua KPU Pangkalpinang, M. Yusuf. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Partisipasi perempuan dalam pileg tahun 2019 ini sangat diperhatikan,  khususnya keikutsertaan caleg perempuan kota pangkalpinang menjadi pusat perhatian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) .

Ketua KPU Pangkalpinang,  M. Yusuf mengatakan kuota kaum perempuan dalam caleg tahun ini adalah 30 person, yakni kecamatan Girimaya, Bukit intan, taman sari, gerunggang,  gabek,  pangkalbalam wajib 3 kursi untuk perempuan,  dan rangkui wajib 2 kursi.

"Itu kursi wajib untuk kaum perempuan,  apabila laki-laki semua maka dicoret dan dicarikan untuk kaum perempuan," jelasnya.

Yusuf pun menambahkan,  dari hari ini hingga tanggal 3 juli mendatang masih pengumuman pendaftaran di media. Sedangkan 4-17 juli dibuka pendaftaran untuk caleg tersebut.

"Jadi belum masuk jadwal pendaftaran,  tapi ada penambahan jumlah partai politik tahun ini sebanyak 14 parpol dibandingkan periode sebelumnya 12 parpol saja," tuturnya.

KPU pun menghimbau, para parpol menyiapkan kandidat kaum perempuan untuk caleg tahun ini agar kuota 30 persen tersebut terpenuhi.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help