PN Pangkalpinang Keluarkan 121 Surat Bebas Pidana Untuk Para Caleg,  Satu Diantaranya Eks Napi

Pengadilan Negeri Pangkalpinang sebut telah mengeluarkan 121 Surat Bebas Pidana kepada para calon legislatif

PN Pangkalpinang Keluarkan 121 Surat Bebas Pidana Untuk Para Caleg,  Satu Diantaranya Eks Napi
Bangka Pos / Yudha Palistian
Kepala Humas PN Pangkalpinang, Iwan Gunawan 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pengadilan Negeri Pangkalpinang sebut telah mengeluarkan 121 Surat Bebas Pidana kepada para calon legislatif, satu diantaranya adalah eks napi.

Mulai 4-17 Juli  mendatang telah dibuka pendaftaran sebagai anggota calon legislatif (caleg), baik dari jalur partai maupun jalur independen (DPD).

Mereka akan mencari peruntungan di Pemilu 2019 yang akan digelar pada April mendatang.

Kepala Humas PN Pangkalpinang, Iwan Gunawan mengatakan sebanyak 121 surat bebas pidana dikeluarkan oleh mereka, dan satu diantaranya adalah eks napi. Itu merupakan data campuran untuk caleg Provinsi, Kabupaten hingga kota.

"Surat keterangan tidak pernah dipidana atau bebas pidana, itulah rata-rata yang dimohonkan pengunjung pengadilan untuk menjadi syarat mutlak dalam pencalonan anggota legislatif," tuturnya kepada Bangkapos,  Senin (2/7/2018) di PN Pangkalpinang.

Sedangkan 121 pemohon, satu diantaranya adalah eks napi yang terlibat dalam kasus pidana umum dengan hukuman tiga bulan penjara.

"Kami hanya mengeluarkan suratnya saja, untuk lolos atau tidak dalam verifikasi. Itu tergantung kebijakan KPU," ucap Iwan.

Diketahui untuk mendapatkan surat keterangan tidak pernah dipidana itu pemohon harus menyiapkan segala persyaratan.

Mulai dari SKCK dari kepolisian, KTP, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir, pas foto, dan beberapa persyaratan lagi, persyaratan yang mereka ajukan foto copy disertai aslinya.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help