SMAN 1 Sungailiat Terima 288 Siswa Baru

Jumlah kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 SMAN 1 Sungailiat sebanyak 288 siswa untuk 9 kelas

SMAN 1 Sungailiat Terima 288 Siswa Baru
Bangka Pos / Edwardi
Suasana PPDB Tahun Ajaran 2018/2019 di SMAN 1 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jumlah kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 SMAN 1 Sungailiat sebanyak 288 siswa untuk 9 kelas, dimana masing-masing kelas ada 32 siswa.

Hal ini dikatakan Sekretaris PPDB SMAN 1 Sungailiat, Suhendra kepada Bangkapos.com, Senin (02/06/2018). di halaman aula SMAN 1 Sungailiat.

Diungkapkannya, sistem penerimaan ada dua jalur, yakni jalur reguler dan jalur dari keluarga kurang mampu.

Untuk jalur dari keluarga kurang mampu disediakan 20 persen atau 58 siswa dari kuota dan sisanya 80 persen atau 230 siswa untuk jalur reguler," ujarnya.

Dilanjutkannya, standar nilai yang diterima belum bisa disebutkan karena menunggu proses pendaftaran selesai. Karena dalam PPDB ini tanpa melihat program peminatan ya ada ,288 siswa ini berdasarkan jumlah nilai ujian nasional lalu dilakukan perangkingan dari peringkat 1 sampai 288.

"Setelah itu dikategorikan dalam program peminatan MIPA dan IPS berdasarkan pilihannya dalam formulir," ujarnya.

Dilanjutkannya, bila memilih MIPA maka nanti akan dihitung sorenya, caranya nilai ujian nasional IPA dikalikan 4, matematika dikalikan 3, Bahasa Inggris dikalikan 2 dan Bahasa Indonesia dikalikan 1 lalu dijumlahkan hasilnya menjadi jumlah scorecard untuk program MIPA.

"Sedangkan untuk program IPS dibalik untuk IPA dikalikan 1, matematika kali 2, bahasa Inggris kali 3, dan Bahasa Indonesia kali 4 lalu dijumlahkan sorenya untuk program IPS," jelasnya.

Ditambahkannya untuk pengelompokan ini pihak sekolah yang memutuskannya dan setelah itu tidak ada pemindahan program peminatan lagi.

"Bila nanti ada siswa yang protes misalnya masuk IPS sedangkan dia ingin menjadi dokter maka silahkan keluar saja untuk digantikan dengan cadangan dibawahnya," ujarnya.

Untuk jumlah kelas MIPA ada 5 kelas dan IPS ada 4 kelas. Program MIPA lebih banyak karena berdasarkan pengalaman sebelumnya jumlah peminat MIPA lebih banyak dibandingkan IPS.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help