Pejuang Hati Edukasi Orang Tua Reza Agar Siap Jalani Cangkok Hati

Reza, Selasa (3/7/2018) sore harus pindah ke Rumah Singgah (Rusing) Bangka Barat ke Rusing Pejuang Hati yang berada tak jauh

Pejuang Hati Edukasi Orang Tua Reza Agar Siap Jalani Cangkok Hati
ist
Reza bersama orang tuanya dan relawan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Masih ingat Reza Saputra usia delapan bulan asal Desa Semulut, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat yang berdomisili di Desa Karang Panjang, Kelurahan Kenanga, Kabupaten Bangka yang menderita Atresia Bilier (AB) yakni penyakit saluran empedu yang berdampak pada kerusakan hati.

Reza, Selasa (3/7/2018) sore harus pindah ke Rumah Singgah (Rusing) Bangka Barat ke Rusing Pejuang Hati yang berada tak jauh dari RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Diakui Koordinator Relawan Pendamping dan Donasi Untuk Reza, tindakan tersebut dilakukan karena orang tua Reza, Zulfikar (31) dan Ani Suryani (21) harus menjalani edukasi bersama orang tua pasien AB yang datang dari berbagai daerah dan tinggal di Rusing Pejuang Hati.

"Dari hasil evaluasi tim kami, orang tua Reza selama ini lebih banyak mengandalkan nenek dan kakek Reza sehingga ketika mereka harus menjalani test psikiatri menjelang operasi nanti dikhawatirkan tidak akan lulus. Jadi Ani dan Zul harus benar - benar bertanggungjawab terhadap Reza sebagai orang tuanya," jelas Esty kepada bangkapos.com.

Kondisi sekarang ini Rusing Pejuang Hati sudah mengalami over kapasitas pasien Atresia Bilier yang tinggal disitu.

Untuk itu Reza bersama orang tuanya harus tinggal di rumah kos yang tak jauh dari Rusing Pejuang Hati.

"Kita berharap tanpa kakek, nenek dan relawan pendamping dari Bangka Zul dan Ani bisa lebih bertanggungjawab untuk kesembuhan Reza. Tanpa mengandalkan siapa - siapa," kata Esty.

Ketika mereka sudah menjadi tim yang solid dan dinyatakan dapat mandiri maka Reza bersama orang tuanya bisa kembali tinggal di Rusing Bangka Barat.

"Kalau ditanya sampai kapan? jawabannya hanya Zul dan Ani yang tahu kapan mereka bisa menjadi orang tua yang utuh untuk Reza," ungkap Esty.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved