Home »

Video

Video

Tonton Mengadu Nasib di SMAN 1 Sungailiat NEM 13 Juga Coba Melamar

Hingga hari kedua, Selasa (4/7/2018), penerimaan calon siswa baru (PSB) di SMA Negeri 1 Sungailiat Bangka, sudah mencapai ratusan orang pelamar

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Hingga hari kedua, Selasa (4/7/2018), penerimaan calon siswa baru (PSB) di SMA Negeri 1 Sungailiat Bangka, sudah mencapai ratusan orang pelamar.

Nilai NEM tertinggi yang datang 36 dan nilai NEM terendah 13. Namun tidak semua pelamar yang dapat masuk ke sekolah ini karena panitia melakukan seleksi ketat berdasarkan peringkat nilai.

Ketua Panitia PSB SMA Negeri (SMAN 1) Sungailiat, Usman ditemui Bangka Pos Groups, Selasa (3/7/2018/) mengatakan, proses penerimaan terbagi dua.

"Penerimaan ada jalur reguler dan ada jalur kurang mampu. Yang kurang mampu kemarin (Senin) pendaftarannya baru 17 orang, sisanya jalur reguler (ratusan)," katanya.

Menurut Usman, penerimaan siswa baru diatur berdasarkan petunjuk Pergub Babel. Begitu pula persyaratannya, telah diumumkan sejak jauh hari.

"Persyaratan sesuai petunjuk Pergub, harus bawa akte kelahiran, kartu keluarga (KK), surat kesehatan, dan sesuai aturan zonasi yang ditetapkan," katanya.

Mengenai jurusan penerimaan calon siswa baru di sekolah ini, Usman menyebut dipastikan ada dua, IPA dan IPS.

"Itu ada sistemnya. Kalau dulu anak menentukan IPA atau Biologi waktu dia mendaftar. Sekarang in berbeda lagi. Setelah daftar, setelah disahkan oleh Diknas Propinsi, dan ada daftar ulang, nanti anak lihat apakah IPA-nya yang besar atau IPS yang besar. Nanti dia akan tahu, mau ambil kemana. Tapi itu setelah kita lakukan perangkingan sesuai angka mereka (NEM) dan dia daftar ulang," katanya.

Yang jelas menurut Usman, saat ini, Selasa (3/7/2018) siang, proses PSB masih berlangsung di Gedung Serbaguna SMAN 1 Sungailiat. Hingga tengah hari tadi, masih terlihat ratusan pelamar yang datang.

"Yang diterima secara umum 288 orang siswa, dengan catatan sembilan kelas dikali 32. Diterima sembilan kelas, dengan kategori IPA 160 orang, IPS kalau tidak salah 128, dengan jatah yang miskin sesuai kuota 20 persen, berarti 58 orang. Nah 58 ini nanti dibagi, ada IPA dan IPS, itu kalau terpenuhi kuotanya," kata Usman memastikan total kuota penerimaan Tahun 2018, sebanyak 288 orang siswa baru.

Sementara itu, walaupun panitia sudah mengumumkan kuota penerimaan berdasarkan peringkat nilai jalur reguler, namun para pendaftar nilai rendah pun datang. Calon siswa nilai kecil coba memasukan berkas, ikut melamar, seolah mengadu nasib.

"Yang kita ranking berdasarkan NEM, sebagai dasar awalnya saja. Nilai NEM yang sudah daftar di hari pertama (Senin) yaitu nilai NEM 36 yang tertinggi, dan yang terkecil yang datang mendaftar nilai NEM 13," kata Usman, saat memberikan keterangan didampingi Guru IPS, Zuhdi.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help