Angkutan Udara Mendominasi Inflasi Juni 2018 di Babel

Pasca Perayaan Idul Fitri di Bulan Juni 2018, inflasi Bangka Belitung tercatat mengalami kenaikan

Angkutan Udara Mendominasi Inflasi Juni 2018 di Babel
Dok/Bapos
Kepala BI Perwakilan Babel, Tantan Heroika Sukmadrajat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Pasca Perayaan Idul Fitri di Bulan Juni 2018, inflasi Bangka Belitung tercatat mengalami kenaikan.

Pada bulan Juni 2018, Bangka Belitung mengalami inflasi sebesar 1,63% (mtm), meningkaat dari bulan sebelumnya yang mengalami deflasi 0,53% (mtm).

Kota Pangkalpinang dan Tanjungpandan masing – masing mengalami inflasi 1,82% (mtm) dan 1,28% (mtm).

 “Inflasi pada bulan Juni didominasi oleh tarif angkutan udara seiring dengan kenaikan permintaan untuk mudik lebaran. Tarif angkutan udara memberikan andil sebesar 0,73% terhadap inflasi di Bangka Belitung. Selain itu, tekanan inflasi kelompok ikan segar dan kelompok sayur – sayuran juga mendorong inflasi bulan Juni.”, ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika.

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan kelompok pembentuk inflasi (disagregasi), inflasi utamanya bersumber dari kelompok administered price yang tercatat memberikan andil inflasi 0,91%. Sementara itu, kelompok volatile food dan kelompok inti masing – masing memberikan andil 0,65% dan 0,07%.

Kemudian kelompok pengeluaran, kelompok  transpor, komunikasi dan jasa keuangan tercatat memberikan andil inflasi yang tertinggi yaitu sebesar 0,79%, yang disebabkan tingginya permintaan tiket pesawat untuk mudik lebaran, libur sekolah dan adanya event MXGP di Pangkalpinang. Selain itu kelompok bahan makanan juga memberikan andil mengalami inflasi 0,79% yang sebagian besar didorong oleh sub kelompok ikan segar dan sayur – sayuran.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help