Hari Pertama Pendaftaran Caleg,  Kantor KPU Pangkalpinang Terlihat Lengang

Ruang utama gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) tampak lengang. Sulit menemukan kader dan simpatisan partai di ruangan depan tersebut

Hari Pertama Pendaftaran Caleg,  Kantor KPU Pangkalpinang Terlihat Lengang
Bangka Pos/Yudha Palistian
Ruang utama gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) tampak lengang di hari pertama pendaftaran Caleg, Rabu (4/7/2018) sekitar pukul 10.00 wib. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ruang utama gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) tampak lengang. Sulit menemukan kader dan simpatisan partai di ruangan depan tersebut.

Padahal hari ini, Rabu, (4/7/2018), adalah hari pertama pembukaan pendaftaran dan penerimaan dokumen pengajuan daftar bakal calon anggota DPRD kota Pangkalpinang.

Untuk menyambut kedatangan partai yang hendak mendaftarkan calon, KPU pun menyiapkan empat meja pendaftaran. Jumlah itu sesuai dengan jumlah partai politik yakni 16 parpol dalam Pemilihan Umum 2019.

KPU pun menyiapkan meja khusus untuk tiap-tiap partai. Di bagian meja pertama adalah meja untuk Partai PDIP, Garuda, PAN, dan PPPP.

Lalu dimeja kedua untuk partai Golkar,  PSI,  Hanura dan Perindo. Sedangkan dimeja ketiga diperuntukkan Partai Demokrat,  PKPI,  Nasdem dan PBB.

Dan meja terakhir untuk Partai Gerindra,  PKB,  PKS dan Berkarya.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, M Yusuf mengatakan hari ini memang terlihat masih sepi,  belum ada parpol yang datang untuk mendaftar.

"Biasanya akan ramai jelang penutupan pendaftaran,  sedangkan untuk masa pendaftaran tanggal 4 hingga 16 juli 2018, dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Di hari terakhir tanggal 17 juli 2018 dari pukul 08.00 wib hingga 24.00 wib," jelas Yusuf kepada Bangkapos di kantor KPU Pangkalpinang.

Pendaftaran calon akan berlangsung selama dua pekan, mulai 4  hingga 17 juli mendatang. Pada masa itu partai diperkenankan menyerahkan daftar calon legislator yang akan diusung pada Pemilu 2019 nanti.

"Yang berhubungan dengan panitia pendaftaran adalah LO partai. Kami tidak bisa berhubungan dengan orang partai," ujar yusuf.

KPU memang meminta partai menunjuk perwakilan partai untuk menjadi LO. Mereka inilah yang menyerahkan berkas calon legislatif pada KPU.

Menurut Yusuf, berkas yang mesti diperiksa panitia pendaftaran lumayan banyak. Tiap satu calon yang didaftarkan, minimal ada 11 berkas yang harus diperiksa. Sedangkan yang bakal diserahkan partai ada ratusan calon. 

"Panitia pendaftaran hanya memastikan kelengkapan administrasi berkas calon. Soal asli atau palsu, akan ditangani oleh tim verifikasi," tuturnya.

Yusuf juga mengatakan khusus untuk pendaftaran calon, KPU membentuk tim untuk pendaftaran caleg. Tim ini akan bekerja hingga Daftar Calon Tetap dikeluarkan.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved