Hebat! Mahasiswi Undip Asal Pangkalpinang Ini Gagas Ide Teh Daun Simpur Antikolesterol

Ulfa Dzakiyyah, mahasiswi asal Pangkalpinang pada jurusan ilmu gizi fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang

Hebat! Mahasiswi Undip Asal Pangkalpinang Ini Gagas Ide Teh Daun Simpur Antikolesterol
Istimewa
(Kiri) Ulfa Dzakiyyah, mahasiswi asal Pangkalpinang pada jurusan ilmu gizi fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ulfa Dzakiyyah, mahasiswi asal Pangkalpinang pada jurusan ilmu gizi fakultas kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, mengkreasikan teh antikolesterol yang terbuat dari tumbuhan lokal yakni daun simpur.

Ia menggagas ide pembuatan teh daun simpur ini lantaran menurutnya di beberapa wilayah Bangka belitung banyak ditumbuhi tumbuhan tersebut.

"Belum dikelola dengan optimal. Padahal punya potensi luar biasa dan mempunyai nilai jual daerah dengan produk hayati lokal." ujar Ulfa, Rabu (4/7/2018).

Mahasiswi semester dua ini menungkapkan, produksi teh yang ia ciptakan bersama lima rekan lainnya pada Pekan Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan yang diadakan Kemenristekdikti ini, telah laku dijual sebanyak 580 kantong. Teh yang memiliki antioksidan ini dinilai mampu menurunkan kolesterol pada tubuh.

Proses produksi nya pun sekitar seminggu. Yakni melalui proses pemilihan daun, pencucian dan pembersihan getah yang melekat pada daun kemudian dijemur selama empat hari. Selanjutnya dioven dan pengemasan selama dua hari.

"Waktu SMA saya pernah diminta umi saya untuk penelitian daun simpur tapi saya belum realisasikan krna alat kurang memadai, kebetulan ada pekan kreativitas mahasiswa di universitas, jadi saya dan teman teman coba kerja sama membuatnya." ucap Gadis berkerudung ini.

Berkat kreasi teh daun simpur yang ia produksi bersama rekannya yakni Vistha, Yoanita, Epifaniga dan Lintang, temannya dengan dosen pembimbing Dr. Diana Nur Afifah, dan pekan wirausahayang diketuai oleh Uchida titis, teh ini kemudian dipasarkan di beberapa wilayah Semarang dan bisa dilakukan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help