Home »

Lokal

» Bangka

Siswa dari Luar Zonasi PPDB Dalam Satu Provinsi Dikenakan Pengurangan Nilai

Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Sungailiat, Suhendra mengatakan pihaknya sudah membuat SOP (Standar Operasional Prosedur)

Siswa dari Luar Zonasi PPDB Dalam Satu Provinsi Dikenakan Pengurangan Nilai
Bangka Pos / Edwardi
Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1Sungailiat, Suhendra menjelaskan sistem PPDB kepada orangtua siswa yang berasal dari Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Basel yang ingin mendaftarkan anaknya ke SMAN 1 Sungailiat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1Sungailiat, Suhendra mengatakan pihaknya sudah membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) atau POS.

"POS ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub), kemudian tanggal 28 Juni 2018 keluar surat dari Cabdin Wilayah 1 Kabupaten Bangka dan Pangkalpinang yang menyatakan beberapa hal, diantaranya siswa yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia diperbolehkan mendaftar di sekolah yang diinginkan artinya tidak ada zonasi," kata Suhendra yang ditemui Bangkapos.com, Rabu (04/07/2018) di aula SMAN 1 Sungailiat.

Diungkapkannya, jadi yang dimaksud itu tidak ada pembatasan pendaftaran. Jadi siswa dari Papua dan provinsi lainnya bisa daftar kesini tanpa ada pengurangan nilai score.

"Malah yang dikurangkan score nilainya siswa yang daftar dari kecamatan lain dalam satu kabupaten dan siswa yang berasal dari kabupaten/kota lain dalam satu provinsi," jelasnya.

Dicontohkannya, siswa dari Desa Baturusa Kecamatan Merawang yang tidak masuk dalam zonasi SMAN 1 Sungailiat maka total score nilainya dikalikan 0,6 atau ada pengurangan nilai dikali 0,4.

Sedangkan siswa dari kota Pangkalpinang mau daftar kesini jumlah scorecard nilai dikalikan 0,7 atau terjadi pengurangan nilai dikali 0,3.

"Tapi untuk siswa dari luar provinsi Babel yang daftar kesini tanpa ada pengurangan nilai," jelasnya.

Ditambahkannya untuk siswa yang menggunakan Kartu Indonesia Pintar atau SKTM atau Bangka Cerdas yang mendaftar dI SMAN 1 Sungailiat boleh namun dibatasi hanya untuk wilayah Kecamatan Sungailiat saja.

"Sebenarnya sekolah SMAN ini sudah dibangun di setiap kecamatan pada intinya untuk melayani masyarakat sekitar. Sistem zonasi itu sebenarnya untuk mengamankan masyarakat sekitar untuk bersekolah di tempat yang dekat dengan rumahnya," tukasnya.

Diungkapkannya, wilayah zonasi SMAN 1 Sungailiat meliputi seluruh wilayah Kecamatan Sungailiat ditambah Desa Merawang Kecamatan Merawang, Desa Karya Makmur dan Air Ruay Kecaman Pemali, Desa Deniang dan Cit Kecamatan Riau silip.

"Jadi memang benar untuk siswa yang berasal dari luar zonasi itu dikenakan pengurangan nilai, namun untuk siswa dari luar provinsi Babel tidak ada pengurangan nilai," tukasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help