100 Relawan di Babar Dilatih Agar Tanggap Bencana

"Efek lebih lanjut yang diharapkan adalah mempersiapkan arah pembangunan yang berwawasan pada penanggulangan bencana

100 Relawan di Babar Dilatih Agar Tanggap Bencana
ist
Simulasi kegiatan mitigasi penanggulangan bencana di daerah rawan terkena bencana di Hotel Pasadena Muntok Bangka Barat, Kamis (5/7) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- 100 orang telawan dari tujuh Kecamatan di Bangka Barat mengikuti kegiatan mitigasi penanggulangan bencana di daerah rawan terkena bencana, Kamis (5/7).

Mereka diberi pembekalan materi hingga simulasi mitigasi bencana yang dilakukan oleh gabungan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Barat dan PMI.

Kepala Dinas Pol PP dan BPBD Bangka Barat, Sidharta Gautama mengatakan, tujuannya adalah untuk memberikan pembekalan kepada relawan agar memiliki kemampuan dalam membuat peta bencana sehingga bisa melakukan persiapan dini.

"Efek lebih lanjut yang diharapkan adalah mempersiapkan arah pembangunan yang berwawasan pada penanggulangan bencana di desa-desa di Kabupaten Bangka Barat", jelasnya.

Dilanjutkannya, relawan ini nantinya bisa berdampak di masyarakat luas, terlebih desa dan kelurahan yang potensi bencanya cukup besar.

"Pada ruang lingkup yang lebih luas, Kami mengarahkan kepada partisipasi aktif masyarakat dalam penanggulangan bencana. Ketika masyarakat sudah secara aktif berperan dalam pencegahan bencana, maka harapannya adalah Bangka barat akan bebas bencana", jelas Sidarta.

Sementara Wakil Bupati Bangka Barat Markus berharap relawan ini nantinya dapat berpartisipasi dalam mitigasi bencana di daerah masing-masing.

"Selain itu, relawan dapat menjadi informan kepada masyarakat sekitar bahwa bencana dapat dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat", tutupnya. (*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved