Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Sebut Cukai Adalah Sumber APBN Terbesar

Cukai pajak merupakan Sumber terbesar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Sebut Cukai Adalah Sumber APBN Terbesar
Ist
Dosen Fakultas Ekonomi Bidang Perpajakan, Universitas Bangka Belitung, Hengky Veru Purbolakseto 

Laporan Wartawan Bangkapos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM,  BANGKA -- Dosen Fakultas Ekonomi Bidang Perpajakan,  Universitas Bangka Belitung,  Hengky Veru Purbolakseto mengatakan bahwa cukai pajak merupakan Sumber terbesar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Jika dilihat dari data kementrian keuangan Republik Indonesia,  target penerimaan pajak dari tahun 2017 hanya berkisar Rp 1.472,7 Triliun dan ditahun 2018 berjumlah Rp 1.618,8 Triliun," jelasnya kepada Bangkapos,  Kamis,  (5/7/2018).

Hengky pun menambahkan,  realisasi penerimaan cukai mungkin saat ini belum tercapai sepenuhnya dari data tersebut, sehingga digenjot dengan potensi cukai dari vape.

"Dan pemerintah menganggap kalau pengkonsumsi vape adalah golongan menengah keatas, jadi kalau diberlakukan tarif yang agak tinggi tidak dipermasalahkan untuk konsumen," jelasnya.

Seperti yang kita ketahui, pendapatan pajak kalau ditahun 2017 masih terbantu dengan adanya Tax Amnesty sehingga masih bisa membantu pendapatan negara.

Serta Filosofi dari pengenaan cukai adalah untuk mengontrol pemakaian zat yang dianggap berbahaya untuk masyarakat,  serta jika ditunda hingga oktober 2018 kemungkinan ritme dari pajak selalu genjot sebagai bentuk kompensasi atas cacat ekonomi.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved