Tak Hanya Menpora, Malaysia Juga Jadikan Perempuan Muda Ini Menteri Teknologi

Pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad melantik tiga belas orang menteri baru hari Senin (3/7/2018). Mahathir adalah perdana menteri

Tak Hanya Menpora, Malaysia Juga Jadikan Perempuan Muda Ini Menteri Teknologi
yeobeeyin.com
Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim, dan Lingkungan Hidup Malaysia, Yeo Bee Yin.(yeobeeyin.com) 

BANGKAPOS.COM - Pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad melantik tiga belas orang menteri baru hari Senin (3/7/2018). Mahathir adalah perdana menteri tertua di dunia, tapi jajaran kabinetnya kali ini banyak diwarnai oleh nama-nama berusia muda.

Salah satunya adalah Yeo Bee Yin, perempuan kelahiran 26 Mei 1983 yang dilantik sebagai Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim, dan Lingkungan Hidup Malaysia.

Pada bulan yang sama dengan kemenangan koalisi partai oposisi pimpinan Mahathir di pemilihan umum Negeri Jiran, Yeo baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-35.

Lulusan teknik kimia, masuk politik

Yeo memiliki latar belakang sains. Dia merupakan lulusan program beasiswa jurusan Teknik Kimia di Universiti Teknologi Petronas dengan predikat tertinggi First Class Honours.

Setelah meraih gelar sarjana, Yeo sempat bekerja di perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat, Schlumberger. Dia ditempatkan di Turkmenistan selama dua tahun.

Kemudian dia melanjutkan studi jenjang berikutnya di jurusan Teknik Kimia Tingkat Lanjut di  Cambridge University, Inggris, di bawah program beasiswa Gates Cambridge Scholarship yang mentereng.

Langkah Yeo memasuki dunia politik dimulai dengan bekerja sebagai sukarelawan di DAP pada Februari 2012. Pada bulan Agustus tahun yang sama, Yeo bergabung menjadi anggota tetap sebagai social media strategic advisor, sambil menjalankan bisnis sendiri.

Usia Yeo ketika itu 29 tahun. Sang ibunda sempat menentang keputusannya untuk terjun ke politik.

"Sekarang kamu bisa punya kehidupan yang nyaman dan layak, kenapa malah pilih jalan hidup yang sulit?" Yeo mengenang perkataan ibunya, dalam sebuah tulisan di blog pribadi.

Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help