Dukung Perekonomian Pulau, Gubernur dan PLN Kenalkan Motor Listrik

Kenapa (daerah) kepulauan ini harus pakai motor listrik ? disamping energi listrik ini sekarang sudah tersedia, (harga) BBM kalau

Dukung Perekonomian Pulau, Gubernur dan PLN Kenalkan Motor Listrik
ist
Gubernur, Kapolda dan Danrem menjajal motor listrik 

BANGKAPOS.COM-- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman perkenalkan motor listrik kepada warga kepulauan untuk mendukung perekonomian di daerah kepulauan dalam acara Tatap Muka Kapolda Kepulauan Bangka Belitung bersama Forkominda dengan masyarakat kepulauan dan nelayan kabupaten Bangka Selatan, Jumat (06/07).

“Kenapa (daerah) kepulauan ini harus pakai motor listrik ? disamping energi listrik ini sekarang sudah tersedia, (harga) BBM kalau dibawa sampai ke sini jadi mahal” terang Erzaldi.

Gubernur pada kesempatan kali ini memperkenalkan konsep motor listrik untuk kapal dan motor listrik untuk sepeda motor. Motor listrik untuk mobilisasi warga di dalam daerah kepulauan, sementara kapal listrik digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan di laut.

Sebelumnya, nelayan mengaku terkendala dengan pengawetan ikan hasil tangkapan ketika berada di tengah laut, sehingga ikan cepat busuk dan hal ini berpengaruh pada pendapatan para nelayan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur memperkenalkan program dengan pembuatan kapal listrik yang sudah dilengkapi dengan lemari pendingin.

“Jadi saat ini sedang kita desain kapal listrik yang sudah dilengkapi dengan lemari pendingin, sehingga nanti setelah nelayan mendapat ikan, dapat langsung didinginkan dengan dimasukkan ke dalam lemari pendingin” jelas Erzaldi.

Sementara itu, General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis menyampaikan kesiapannya untuk menyediakan infrastruktur kelistrikan dalam mendukung program Gubernur.

“PLN sangat siap mendukung program Gubernur untuk menggunakan motor listrik maupun kapal listrik. Kapasitas listrik di kepulauan saat ini sudah sangat cukup, ke depan akan kami bangun stasiun penyediaan listrik umum (SPLU) di dermaga dan pusat-pusat keramaian di daerah kepulauan agar masyarakat lebih mudah melakukan isi ulang baterai” pungkas Mukhlis.

Tercatat hingga saat ini PLN Babel telah melistriki sembilan pulau yang tersebar mengelilingi dua pulau besar, yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung.

Satu pulau dilistriki dengan menggunakan kabel laut, yaitu Pulau Lepar.

Sementara untuk delapan pulau lainnya dilistriki dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), antara lain Pulau Nangka berkapasitas 200 kW, Pulau Sumedang (300 kW),Pulau Gresik (400 kW), Pulau Celagen (400 kW), Pulau Pongok (300 kW), Pulau Selat Nasik (1,79 MW), Pulau Seliu (500 kW), dan Pulau Bukulimau (400 kW)

Lebih dari itu, salah seorang warga, Akbar mengaku sangat antusias dengan program yang diperkenalkan oleh Gubernur.

“Kami sangat senang dengan program pak Gubernur, mudah-mudahan hal ini membantu kami dalam meningkatkan pendapatan melalui hasil tangkapan ikan” tandas Akbar.(adv)

Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help