Gubernur Dorong Penggunaan Kompor Listrik, Ini Alasannya

Saat ini ada kompor listrik untuk memudahkan kita memasak dengan murah serta tidak takut meledak. Coba dihitung,saya yakin pasti

Gubernur Dorong Penggunaan Kompor Listrik, Ini Alasannya
ist
Salah seorang warga Pulau lepar mendapat hadiah kompor induksi listrik oleh Gubernur 

BANGKAPOS.COM--Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendorong penggunaan kompor induksi listrik untuk daerah kepulauan. 

“Saat ini ada kompor listrik untuk memudahkan kita memasak dengan murah serta tidak takut meledak. Coba
dihitung,saya yakin pasti kompor listrik lebih murah. Jadi, kompor induksi listrik ini tolong dimanfaatkan penggunaannya” ujar Erzaldi dalam kegiatan natak kampung di Pulau Lepar, desa Penutuk, Kecamatan Lepar Pongok.

Dukungan ini sejalan dengan ketercukupan pasokan listrik di daerah – daerah kepulauan di Bangka Belitung.

“penggunaan kompor induksi listrik di kepulauan ini penting karena pasokan listrik di daerah kepulauan saat ini sudah sangat cukup, namun di sisi lain pengangkutan minyak maupun tabung gas ke daerah kepulauan susah, sehingga harga menjadi lebih mahal” Jelas Erzaldi.

Di lain sisi, General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis menjelaskan kecukupan daya untuk daerah kepulaan di Bangka Belitung.

“PLN kini sudah menjangkau sejumlah pulau yang tergolong 3T (terpecil, terluar, tertinggal) di Bangka Belitung, jadi masyarakat dapat memanfaatkannya untuk peningkatan kegiatan ekonomi, pendidikan, maupun kesehatan” terang Mukhlis.

Tercatat hingga saat ini PLN Babel telah melistriki sembilan pulau yang tersebar mengelilingi dua pulau besar, yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung.

Satu pulau dilistriki dengan menggunakan kabel laut, yaitu Pulau Lepar. Sementara untuk delapan pulau lainnya dilistriki dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), antara lain Pulau Nangka berkapasitas 200 kW, Pulau Sumedang (300 kW),Pulau Gresik (400 kW), Pulau Celagen (400 kW), Pulau Pongok (300 kW), Pulau Selat Nasik (1,79 MW), Pulau Seliu (500 kW), dan Pulau Bukulimau (400 kW).

Sementara Rustom, salah seorang warga Pulau Lepar memiliki kesan positif dan antusias setelah dikenalkan kompor listrik oleh Gubernur.

“Kami sangat senang dikunjungi dan diperkenalkan kompor listrik oleh pak Gubernur, kami berharap hal ini dapat menjadi solusi kebutuhan hidup sehari-hari supaya lebih hemat daripada harus membeli BBM” tutupnya.(adv)

Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help