KPU Bangka Buka Pendaftaran Caleg 4-17 Juli 2018

KPU Kabupaten Bangka sejak hari Rabu 4 Juli 2018 sudah membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) yang akan mengisi kursi DPRD Kabupaten Bangka

KPU Bangka Buka Pendaftaran Caleg 4-17 Juli 2018
Ketua Komisi Pemilihan Umum KAbupaten BAngka, H Zulkarnain. (nurhayati/bangkapos.com) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- KPU Kabupaten Bangka sejak hari Rabu 4 Juli 2018 sudah membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) yang akan mengisi kursi DPRD Kabupaten Bangka.

"Pendaftaran akan berakhir tanggal 17 Juli 2018. Saat ini parpol sedang menyiapkan berkas-berkas pendaftaran calegnya," kata Zulkarnain, Ketua KPU Kabupaten Bangka, Jumat (06/07/2018).

Ditambahkannya sampai saat ini belum ada parpol yang mendaftarkan calegnya ke KPU Bangka.

Disinggung soal persyaratan menjadi caleg yang perlu diperhatikan, Zulkarnain mengatakan salah satunya caleg tidak boleh bekas napi kasus korups, bandar narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak-anak..

" Hal ini ada dalam peraturan KPU No. 20 Tahun 2018 yang menyebutkan calon legislatif tidak boleh terlibat kasus korupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak-anak," jelasnya.

Dilanjutkannya, mengenai dualisme pengurusan parpol pihaknya berpedoman dengan SK yang dikeluarkan Kemenkum dan HAM.

"Hanya itu saja dasar yang kita pegang, kita akan melihat kepengurusan DPP parpolnya yang terdaftar di SK Kemenkum dan HAM," ujarnya.

Dilanjutkannya usai proses pendaftaran selanjutnya dilakukan proses verifikasi berkas caleg.

"Bila dalam proses ini ada indikasi caleg terlibat karupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak maka KPU akan membuat surat ke parpol untuk mengganti yang bersangkutan," tukas.

Ditambahkannya, mengenai persyaratan harus dilengkapi surat keterangan sehat dan kesehatan jiwa merupakan suatu persyaratan penting yang harus dijalani caleg, termasuk bebas dari narkoba.

"Apabila caleg dinyatakan tidak sehat maka caleg itu akan dikembalikan ke parpolnya," tukasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved