Piala Dunia 2018

Kroasia 3 Kali Bertemu Tuan Rumah Piala Dunia, 2 Kali Berujung Kekalahan

Pertemuan timnas Kroasia dengan Rusia itu seakan menunjukkan bahwa mereka hampir selalu "berjodoh" dengan tim tuan rumah.

Kroasia 3 Kali Bertemu Tuan Rumah Piala Dunia, 2 Kali Berujung Kekalahan
ALEXANDER NEMENOV/AFP
Penyerang Kroasia, Mario Mandzukic, merayakan golnya ke gawang Denmark dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia pada 1 Juli 2018. 

BANGKAPOS.COM - Timnas Kroasia bakal menghadapi Rusia yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2018 di babak perempat final yang akan digelar di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, pada Sabtu (7/7/2018) atau Minggu dini hari WIB.

Pertemuan timnas Kroasia dengan Rusia itu seakan menunjukkan bahwa mereka hampir selalu "berjodoh" dengan tim tuan rumah setiap kali tampil di Piala Dunia.

Baca: Striker Timnas Inggris Dikabarkan Cedera Jelang Laga Lawan Swedia

Sepanjang sejarah, timnas Kroasia 5 kali berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia, termasuk edisi 2018, dan 3 di antatanya selalu dipertemukan dengan tuan rumah.

Hanya pada Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea Selatan dan Jepang dan 2006 di Jerman, mereka tidak berjumpa dengan salah satu tuan rumah karena sudah gugur di fase grup.

Meski demikian hal tersebut tidak diambil pusing oleh pelatih Kroasia, Zlatko Dalic.

Pelatih berusia 51 tahun itu tetap menganggap semua pertandingan di Piala Dunia sangat berat, baik berjumpa tuan rumah atau kontestan lainnya.

"Kami tidak bisa memilih lawan, baik itu tuan rumah atau tim lain, karena tetap saja kami akan menghadapi pertandingan besar. Jadi, tidak masalah siapa yang akan menjadi lawan kami," ucap Zlatko Dalic dalam jumpa pers yang juga dihadiri BolaSport.com.

Baca: Meme Kekalahan Brasil Beredar di Media Sosial, Kasihan Banget Neymar

Di sisi lain, Zlatko Dalic pun membenarkan bahwa menghadapi tuan rumah akan selalu lebih berat karena sebagian besar fan yang ada di tribune penonton berada di pihak yang berseberangan dengan mereka.

"Memang dukungan yang diberikan fan tuan rumah selalu besar, tetapi pada setiap pekan para pemain kami yang bermain di liga-liga besar Eropa juga selalu menghadapi fan yang tak kalah berisik. Jadi semua ini bukan masalah," kata Dalic.

"Hal yang paling penting bagi kami adalah tak boleh mencari alasan. Kami harus bisa meraih kemenangan dan memainkan permainan terbaik yang kami miliki," ujarnya.

Baca: Inggris Harus Siap Mental Hadapi Pemain Paling Kasar di Piala Dunia 2018

Timnas Kroasia pertama kali lolos ke putaran final Piala Dunia terjadi pada edisi 1998. Pada saat itu, mereka harus tersingkir di babak semifinal oleh tuan rumah Prancis setelah kalah dengan skor 1-2.

Selain itu, timnas Kroasia juga dipertemukan dengan tuan rumah Brasil pada laga pembuka Piala Dunia 2014 yang juga berujung dengan kekalahan 1-3. (Firzie Adrian Idris dan Herka Yanis Pangaribowo)

Artikel ini telah tayang di Bolasport.com dengan judul Timnas Kroasia Seakan Berjodoh dengan Tuan Rumah dan Berujung Sial, Ini Kata Zlatko Dalic

Editor: fitriadi
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved