Kadisdik Bateng Sebut Orang Tua Lebih Pilih Negeri Ketimbang Swasta

Sudah mulai masuknya tahun ajaran baru, di Kecamatan Koba, Bangka Tengah dipenuhi dengan persaingan para siswa yang ingin masuk ke sekolah Negeri

Kadisdik Bateng Sebut Orang Tua Lebih Pilih Negeri Ketimbang Swasta
Bangka Pos / Riki Pratama
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sudah mulai masuknya tahun ajaran baru, Senin (9/7/2018) besok, di Kecamatan Koba, Bangka Tengah dipenuhi dengan persaingan para siswa yang ingin masuk ke sekolah Negeri.

Mereka lebih memilih sekolah negeri ketimbang swasta karena merasa lebih murah dan jaraknya lebih dekat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Iskandar mengatakan bahwa ada beberapa kendala yang terjadi pada saat penerimaan siswa baru untuk jenjang SMP di Kecamatan Koba.

Dimana kendala itu menurutnya, banyaknya orang tua ingin memasukkan anaknya ke sekolah negeri, sehingga sekolah yang ada tidak bisa menampung semua siswa.

"Seperti terjadi di Desa Nibung dan Simpang Perlang, semua orang tua ingin memasukkan anaknya ke SMPN 1 Koba, sekolah tidak mampu menampung semuanya, mereka tidak mau masuk ke sekolah swasta yang memiliki jumlah kursi lebih banyak,"ujar Iskandar kepada wartawan, Minggu (8/7/2018)

Ia menambahkan bahwa orang tua siswa, lebih memilih masuk sekolah negeri ketimbang swasta karena alasan jarak jauh dan biaya mahal harus diberikan, berbeda dengan sekolah negeri yang tanpa di pungut biaya.

"Banyak mereka tidak mau masuk sekolah swasta padahal di situ masih kurang jumlah siswanya, ketimbang semuanya harus masuk SMPN 1 Koba yang telah banyak menerima siswa. Banyak yang masuk negeri mungkin karena gratis dan jaraknya dekat,"lanjutnya.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help