Berawal dari Suara Petir, Warga Pangkalanbaru Ini Kaget Mencium Bau Bangkai, Ternyata Ini

Warga di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah tiba tiba heboh. Pasalnya, Bunga bangkai tiba tiba tumbuh di pekarangan rumah Erna

Berawal dari Suara Petir, Warga Pangkalanbaru Ini Kaget Mencium Bau Bangkai, Ternyata Ini
bangka pos/riki
Warga di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah tiba tiba heboh, pasalnya, Bunga bangkai tiba tiba tumbuh di pekarangan rumah Erna (48) warga RT 04 RW 02 nomer 074, pada Minggu (8/7/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Warga di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah tiba tiba heboh. Pasalnya, Bunga bangkai tiba tiba tumbuh di pekarangan rumah Erna (48) warga RT 04 RW 02 nomer 074, pada Minggu (8/7/2018).

Erna mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui kenapa bunga tersebut bisa tumbuh dipekaran rumahnya, ia juga merasa heran dengan hal itu. Tetapi menurutnya sebelumnya ada petir yang sangat besar, baru kemudian Minggu (8/7/2018) kemarin sore tiba-tiba tumbuh bunga bangkai itu.

"Awalnya, kami kira ada bangkai ayam. Ternyata ada bunga bangkai yang tumbuh tak jauh dari kandang ayam kami. Kami di kampung Dul ini baru kali ini menyaksikan bunga bangkai tumbuh di kampung ini. Ratusan warga pun sudah sudah berbondong bondong datang kesini, karena penasaran sembari berselfie-selfie ria," tukas Erna kepada wartawan, Senin (9/7/2018)

Tumbuhnya bunga langka tersebut, juga membuat Faisal warga kota Pangkalpinang sengaja datang untuk melihat dan berfoto disamping bunga, Sambil tersenyum sumeringah Faisal mengabadikan momen tersebut.

"Saya tahunya semalam, pas buka beranda Facebook saya melihat kabar adanya bunga bangkai tumbuh di Kelurahan Dul. pagi ini saya mencoba untuk melihatnya, karena penasaran saya langsung mencari ke lokasi dan bertanya ke warga hingga akhirnya saya bisa melihat langsung dari dekat bunga langka ini," kata Faisal

Dikatan oleh Faisal bahwa dirinya baru pertamakalinya melihat bunga bangkai yang tergolong langka ini.

"Ya saya baru kali ini melihatnya, dan juga mencium bau menyengat dari dalam bunganya," tukasnya.

Dilasir dari Wikipedia Kibut atau bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa, Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m.

Kibut disebut juga bunga bangkai dikarenakan bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help