Advertorial

Taman Keluarga Meriahkan HARGANAS XXV Tahun 2018 Babel Terima Penghargaan Membanggakan

Acara Puncak Harganas XXV Tahun 2018 tanggal 7 Juli 2018 di Kawasan Megamas Manado, Sulut. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri ..

Taman Keluarga Meriahkan HARGANAS XXV Tahun 2018 Babel Terima Penghargaan Membanggakan
Ist
Pengguntingan pita dan pelepasan balon, pembukaan gelar dagang tanggal 6 Juli 2018 oleh ibu dr. Kuntarti Cahyo Kumolo, Ketua Umum TP PKK, Ir Rita Dondokambey Tamuntuan, Ketua TP PKK Prov. Sulut dan Sigit Priohutomo, Plt. Kepala BKKBN 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- ADA yang berbeda dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 dengan tahun tahun sebelumnya. Tahun ini, Harganas dimeriahkan dengan hadirnya Taman Keluarga di te­ngah tengah masyarakat tepatnya di Lapangan Basket Mega Mas di kota Manado, Sulawesi Utara. Taman Keluarga dibuka secara resmi Selasa 3 Juli 2018 pukul 14.00 WITA. Pembukaan dihadiri para kader kelompok kegiatan BKB, BKR, BKL, UPPKS, PIK R, Kelompok KB Pria serta PKB/PLKB dari Kota Manado.

Acara Puncak Harganas XXV Tahun 2018 tanggal 7 Juli 2018 di Kawasan Megamas Manado, Sulut. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, Menteri PPPA, Sigit Priohutomo, Plt. Kepala BKKBN dan Olly Dondokambey, Gubernur Sulut. Kegiatan ini berupa Diskusi dan Interaksi antara Menko PMK dengan BKL (Lansia), BKR (Remaja) dan PLKB. Menko PMK mengatakan bahwa Kegiatan Harganas kali ini lebih menekankan pada interaksi antara pemangku kebijakan dan masyarakat untuk lebih menjalin silaturahmi.

Sekda Kota Manado, Dominus menyebutkan “Bila keluarga kuat maka kuatlah negara itu sehingga harapannya adalah jadilah pemuda kekuatan hari ini dan pemimpin hari esok,” katanya.
Plt. Deputi Bid. Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN, M Yani dalam sambutannya pada pembukaan Taman Keluarga mengungkapkan, “Fasilitas ini belum pernah ada pada peringatan Harganas sebelumnya, ini merupakan upaya untuk mendekatkan program kepada masyarakat dengan menyediakan ruang publik yang ramah dan hangat, mengusung kearifan budaya lokal dan menawarkan serangkaian fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga,” ungkap M Yani.

Taman Keluarga terbuka untuk masyarakat umum dari tanggal 3-7 Juli 2018 dan menyediakan fasilitas antara lain pelayanan konsultasi KB dan kesehatan reproduksi, konsultasi psikologi anak, remaja dan lansia, family coaching, Carnaval Family Fun Games seperti seperti basket, panahan, mini atv dan permainan lainnya serta pojok kependudukan. Ikut digelar juga permainan edukatif untuk anak, antara lain mini outbound dan mini carrousel. Di setiap area permainan, para keluarga yang datang akan mendapatkan hadiah dari permainan fun games.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulawesi Utara, dr Bahagia Mo­kogaow yang secara resmi membuka Taman Keluarga dalam sambutannya menyampaikan, “Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi dan terimakasih kepada BKKBN yang telah mengadakan taman keluarga sebagai salah satu rangkaian acara puncak peringatan Harganas di Kota Manado, melalui taman keluarga ini saya mengajak segenap pihak membantu mensosialisasikan program KKBPK kepada seluruh masyarakat,” jelas Bahagia Mokogaow.

Peringatan Harganas itu sen­diri menerapkan empat pendekatan keluarga yakni Keluarga Berkumpul (meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gawai (gadget), televisi, atau alat elektronik lainnya), Keluarga Berinteraksi (meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama, serta saling tukar pe­ngalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas), Keluarga Berdaya (keluarga mampu memanfaatkan potensi yang dimi­likinya untuk membuat diri dan keluarganya tidak bergantung pada pihak lain) serta, Keluarga Peduli dan Berbagi (keluarga yang mampu dan lebih beruntung mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain).

Pada Harganas tahun ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut serta menyemarakkan acara ini.
Berbagai penghargaan pun disabet Provinsi Babel dalam Peringatan Harganas.
Seperti Rini dari Kabupaten Belitung Timur dinobatkan sebagai Juara 1 Tingkat Nasional PLKB non PNS terbaik.
Lomba Praktek Mandiri Bidan (PMB) Terbaik Regional Luar Jawa diraih PMB Suharlina Am Bid dari Kabupaten Belitung.

Lomba KB MKJP Kategori Puskesmas Tingkat Nasional Regional III diraih Puskesmas Toboali Kabupaten Bangka Selatan.
Kemudian Lomba Motivator KB Pria Tingkat Regional dan Nasional diraih Terbaik Regional V diraih Burhan dari Kabupaten Bangka Tengah.

Penghargaan lain yang diterima Provinsi Babel seperti Lomba Bidang KSPK dimana juara 3 Duta Orangtua Hebat, Widiyanto dan Angela Corine dari Kelurahan Berok Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah.
Acara malam pemberian penghargaan (MKK, DKK, CKK dan WKK) turut dihadiri Menteri PMK, Puan Maharani, penerima penghargaan dari Babel diwakili Hj. Kamarunnisah, Ketua IBI Prov Bavel (Dharma Karya Kencana/DKK) dan Hj. Annisa Hadidjah, Ketua PKK Kabupaten Bangka Barat (Manggala Karya Kencana/MKK). (adv)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved