Awas, Ketahuan Rekayasa SKTM, Siswa Bakal Dikeluarkan

Sekolah harus melakukan verifikasi untuk SKTM, kalau memang ketahuan saat verifikasi nanti ada yang merekayasa SKTM itu sekolah wajib

Awas, Ketahuan Rekayasa SKTM,  Siswa Bakal Dikeluarkan
Bangka Pos/Krisyanidayati
ketua pelaksana PPDB dinas pendidikan Babel tahun pelajaran 2018/2019 Wahyudin. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengeluarkan calon Peserta Didik Baru (PDB) apabila ketahuan merekayasa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

"Sekolah harus melakukan verifikasi untuk SKTM, kalau memang ketahuan saat verifikasi nanti ada yang merekayasa SKTM itu sekolah wajib mengeluarkan siswa," kata ketua pelaksana PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Babel tahun pelajaran 2018/2019, Wahyudin, Rabu (11/7/2018).

Ia mengatakan untuk pemilik KIP memang tidak dilakukan verifikasi, pasalnya sebelumnya memang sudah melakukan verifikasi.

"KIP tidak dilakukan verifikasi karena memang sudah terdata dan melalui proses yang panjang dari dinas sosial belum diterbitkan KIP itu," katanya.

Disinggung akan angka putus sekolah, jika diketahui ada yang merekayasa SKTM, Wahyudin itu merupakan resiko yang harus ditanggung siswa dan orang tuanya dan bisa beralih ke sekolah swasta.

"Ini memang aturan main SKTM harus dikeluarkan pejabat yang tidak berwenang, itu sah dan sekolah bisa menerima tapi wajib memverifikasi SKTM hingga turun ke lapangan dan untuk pengecekan, dilihat kondisinya benar-benar miskin atau hanya rekayasa. Kalau nanti mereka ketahuan dikeluarkan dari sekolah itulah resikonya, ya mereka bisa masuk ke swasta," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help