Kelurahan Berikan SKTM Untuk Syarat Sekolah Bagi Masyarakat

Dari data nya cuma ada segitu, karena kalau masyarakat yang lain sudah terdaftar melalui dinas sosial dan

Kelurahan Berikan SKTM Untuk Syarat Sekolah Bagi Masyarakat
Bangkapos/Ira Kurniati
Sekretaris lurah semabung lama, Muhammad Yamin. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pihak Kelurahan Melintang, Kecamatan Rangkui mencatat sekitar lima orang masyarakatnya yang meminta pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk persyaratan sekolah.

Dikatakan oleh sekretaris lurah Melintang, Novrida bahwa pada bulan lalu hingga bulan ini pihaknya mencatat sebanyak lima berkas pengajuan untuk surat tersebut. 

"Dari data nya cuma ada segitu, karena kalau masyarakat yang lain sudah terdaftar melalui dinas sosial dan memperoleh kartu Indonesia sehat (KIS) maupun kartu Indonesia pintar (KIP). Nah yang lima ini belum terdaftar." ujar Novrida, Rabu (11/7/2018). 

Ia menyebutkan, warga Kelurahan Melintang sudah didaftar ke dinas sosial setempat untuk memperoleh KIS maupun KIP.

Namun diantara masyarakat tersebut yang belum memiliki kedua kartu itu, dijelaskan oleh Novrida karena pemberian kartu melalui sistem perankingan dan berdasarkan kategori yang diatur oleh dinas terkait. 

"Dinsos yang mengatur itu. Ada prioritas utama dan sebagainya. Kami hanya melakukan pendataan dan mengirimkan ke mereka (dinsos--red)." tukasnya. 

Sementara itu, Kelurahan Semabung Lama Kecamatan Bukit Intan mencatat sekitar 26 orang yang mengurus pembuatan surat tersebut.

Dimulai pada tanggal 21 mei hingga pada bulan ini. Didominasi berkas pembuatan masuk SMA/SMK. 

Sekretaris lurah Semabung Lama, Muhammad Yamin membeberkan pembuatan surat keterangan tidak mampu ini harus melalui surat pengantar dari RT setempat. 

"Kalau tidak dari RT tidak bisa diberikan pelayanan ini. Kebanyakan yang datang mengurusi surat itu ibu nya." kata Yamin. 

Untuk pembuatan surat tersebut, tidak dikenakan biaya. Namun masyarakat harus memiliki surat dari RT untuk melakukan penyetujuan pihak kelurahan kemudian ke pihak kecamatan. (*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved