Penerimaan Siswa Baru, SMK Negeri 1 Pangkalpinang Pastikan Penggunaan SKTM Tepat Sasaran

SMK Negeri 1 Pangkalpinang akan melakukan survey secara acak guna memastikan penggunaan SKTM oleh siswa baru

Penerimaan Siswa Baru, SMK Negeri 1 Pangkalpinang Pastikan Penggunaan SKTM Tepat Sasaran
Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pangkalpinang, Kurnia Paratiwi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – SMK Negeri 1 Pangkalpinang akan melakukan survey secara acak guna memastikan penggunaan SKTM oleh siswa baru jalur kartu indonesia pintar (KIP) agar betul-betul tepat guna.

Mengingat ada sejumlah daerah ditemukan penyalahgunaan SKTM tersebut, Rabu (11/7/2018).

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pangkalpinang, Kurnia Paratiwi mengungkapkan ada 56 siswa baru daftar jalur KIP dari total 287. Terdiri dari 4 siswa multimedia, 21 akuntansi dan keuangan lembaga, 14 otomatisasi dan tata kelola perkantoran, dan 14 bisnis daring dan pemasaran.

Ia mengatakan sejauh ini belum ditemukan penyalahgunaan SKTM oleh siswa jalur KIP. Dirinya mengaku percaya seutuhnya kepada calon anak didiknya. Hanya saja, sekolah akan tetap melakukan survey secara acak kepada siswa KIP untuk memastikan kebenarannya.

Selanjutnya, ia menjelaskan verifikasi SKTM harus melalui legalisir Dinas Sosial Kota Pangkalpinang sehingga kebenaran SKTM tersebut sudah dijamin oleh Dinsos.

Selain itu, berdasarkan permendikbud nomor 14 tahun 2018 dikatakan bahwa siswa jalur KIP boleh menggunakan SKTM atau bukti diri lain dari pejabat berwenang.

“Mayoritas siswa jalur KIP menggunakan SKTM yang tentunya dilegalisir Dinas Sosial. Sebenarnya, kita bisa melihat dari penampilan saja apakah siswa tersebut betul-betul perekonomiannya rendah atau tidak. Tetapi tetapi saja aturan harus dipatuhi dengan adanya SKTM, bahkan nanti sekolah akan mengadakan survey” ungkap Kurnia Paratiwi

Perlu diketahui dari jumlah pendaftar sekitar 500 calon siswa baru yang diterima 287 dengan rincian jalur KIP 56 dan 287 jalur reguler. Pihak SMK Negeri 1 Pangkalpinang menyediakan waktu 14 Juli 2018 mendatang untuk melengkapi berkas.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved