Penyakit Lupus Bisa Menipu Jika Tidak Melakukan Diagnosis Secara Medis

Penyakit lupus atau systematic lupus erythematosus merupakan inflamasi atau peradangan kronis yang sifatnya auto imun

Penyakit Lupus Bisa Menipu Jika Tidak Melakukan Diagnosis Secara Medis
bangka pos/ira kurniati
Dokter spesialis penyakit dalam RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Eva Julita, Sp.PD 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Penyakit lupus atau systematic lupus erythematosus merupakan inflamasi atau peradangan kronis yang sifatnya auto imun. Yakni sistem kekebalan dalam tubuh yang menyerang diri penderita tersebut. Bagi orang normal, sistem tersebut sifatnya positif didalam tubuh, namun bagi penderita lupus, sistem itulah yang menyerang kekebalan tubuh.

Dokter spesialis penyakit dalam RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Eva Julita, Sp.PD mengatakan bahwa untuk mendeteksi dini penyakit lupus sangat sulit. Sebab gejala-gejala yang dialaminya tampak seperti orang yang mengalami sakit pada umumnya.

"Lupus ini Penyakit seribu wajah. Bisa menipu kalau tidak melakukan diagnosis secara medis. Pernah ada pasien yang mengalami anemia, setelah dilakukan diagnosa baru diketahui dia terkena penyakit lupus," ujar Eva, Rabu (11/7/2018).

Peradangan kronis ini bisa berawal dari genetik maupun hormonal seseorang. Dikatakan Eva, rata-rata yang terkena penyakit ini yakni perempuan pada usia produktif. Sebab hormon pada diri laki-laki maupun perempuan berbeda.

Penyakit ini dapat menyerang seluruh bagian tubuh penderita, seperti kulit, sendi, paru-paru, jantung, ginjal dan darah. Lupus tidak bisa dideteksi dini, harus melalui diagnosa secara medis sebab tidak ada tanda-tanda khusus penderita penyakit tersebut.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help