Disdik Ingatkan Jangan Ada Kekerasan Dalam PLS

Ketua Pelaksana Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 Jenjang SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Disdik Ingatkan Jangan Ada Kekerasan Dalam PLS
dok bangka pos
ketua pelaksana PPDB dinas pendidikan Babel tahun pelajaran 2018/2019 Wahyudin. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Pelaksana Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 Jenjang SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wahyudin mengingatkan pihak sekolah untuk mengawasi pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang akan dilakukan 16-18 Juli mendatang.

Wahyudin menegaskan dalam PLS jangan sampai ada tindakan kekerasan atau penganiayaan kepada siswa baru. PLS merupakan kegiatan untuk siswa mengetahui berbagai fasilitas sekolah, kegiatan, dan seluk beluk sekolah sehingga nantinya tidak kebingungan saat mulai sekolah.

"PLS bukan ajang untuk penyiksaan atau perploncoan, ini bagaimana siswa baru mengenal lingkungannya, ruangan sekolah, gurunya, kakak kelasnya, karena mereka akan berada di lingkungan itu 3 tahun ke depan," kata Wahyudin, Kamis (12/7/2018).

Ia juga mengingatkan kepala sekolah dan guru untuk betul-betul mengawasi pelaksanaan PLS. PLS digunakan untuk memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler, dan lainnya.

"Setelah selesai PLS diharapkan siswa sudah siap belajar dan mengenal kondisi dan apa yang di sekolah, bukan penyiksaan, kepala sekolah dapat mengontrol maksimal anak-anaknya," katanya.

Disinggung apabila ada siswa diminta berbagai macam-macam makanan, dan menggunakan pernak pernik yang tidak wajar. Ia meminta agar hal itu tidak terjadi lagi.

"Kalau membawa makan untuk mereka sendiri lalu nanti makannnya bersama-sama tidak apa-apa karena kan ini mengajarkan kegotongroyongan, membangun keakraban, tapi kalau berlebihan ya tidak boleh. Apalagi sampai memberatkan," jelasnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help