Home »

Video

Video

Video: Harga TBS Sawit Semakin Tak Menentu, Petani Sawit Mengeluh

Upaya petani mandiri kelapa sawit di Kabupaten Bangka mengadu ke DPRD dan Pemprop Babel beberapa waktu lalu belum membuahkan hasil.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Upaya petani mandiri kelapa sawit di Kabupaten Bangka mengadu ke DPRD dan Pemprop Babel beberapa waktu lalu belum membuahkan hasil.

Pasalnya, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit, malah semakin anjlok. Para pedagang pengumpul, si pembeli sawit mematok harga Rp 500 hingga Rp 850 perkg TBS sawit pada kebun petani. Sedangkan kisaran harga TBS di pabrik rata-rata Rp 900 hingga Rp 1.000 perkg TBS, namun kuota pengiriman dibatasi.

Sejumlah pabrik hanya beli buah atau TBS petani melalui pedagang pengumpul, tiga kali dalam seminggu. Karena itu pula, pedagang pengumpul tak berani berspekulasi membayar harga tinggi pada petani.

Pedagang kawatir TBS membusuk sebelum sampai di pabrik karena menunggu antrian lama.

"Puluhan ton buah busuk karena tak terjual ke pabrik karena pabrik tak mau beli," kata seorang pedagang pengumpul pada Bangka Pos Groups, Kamis (12/7/2018).

Imbasnya, petani terpaksa menunda waktu panen dan menunda menjual buah atau TBS ke pedagang pengumpul. Kalaupun buah terjual, hasilnya tak seberapa.

Penurunan harga TBS tingkat petani maupun tingkat pabrik dua bulan terakhir sangat memprihatinkan. Semula TBS petani dibeli pedagang pengumpul pada kisaran Rp 1200 hingga 1300 perkg, hargaTBS di kebun.

Tapi kini, kisaran beli pedagang pengumpul pada TBS di kebun petani, turun drastis Rp 500 hingga Rp 850 perkg.

"Kalau harga pabrik di atas itu. Tapi kan petani kecil tak mungkin langsung jual ke pabrik kalau hasil panen cuma satu atau tiga ton. Makanya petani tetap jual ke pedagang pengumpul," keluh petani.

Wawan Bnyai (48), Warga Desa Karyamakmur Kecamatan Pemali Bangka kepada Bangka Pos Groups, mengaku pasrah karena seluruh pedagang pengumpul di kabupaten Bangka memang menurunkan harga beli TBS.

"Tapi saya masih bersyukur karena pedagang pengumpul yang beli buah sawit (TBS) di kebun saya, mematok harga lumayan tinggi, Rp 850 Kg TBS, hari ini. Dibanding harga pedagang lainnya, hanya berani buah sawit Rp 750 perkg TBS," kata Wawan Bnyai kepada Bangka Pos Groups di kebunnya di Dusun Tutut Desa Penyamun Pemali Bangka. Kamis (12/7/2018).

Sementara itu, harga TBS di sejumlah pabrik TBS di Kabupaten Bangka, sangat bervariasi. Patokan harga delevery order (DO) antara pabrik satu dan pabrik lainnya tidak sama, mulai kisaran Rp 900 hingga 1000 perkg.

"Pabrik buka cuma Senin, Rabu, Jumat. Makanya yang beli sawit Rp 500 perkg juga ada," tambah Pak Kumis, Kuasa Pedagang Pengumpul di Sungailiat kepada wartawan ini di lokasi yang sama.

Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help