Pengadaan Barang dan Jasa Lebih Terbuka dengan E-Katalog, Belanja Pemerintah Lebih Transparan

Perkembangan teknologi dan informasi di era digital mempermudah sejumlah akses masyarakat, termasuk pengadaan barang berbasis E-Katalog.

Pengadaan Barang dan Jasa Lebih Terbuka dengan E-Katalog, Belanja Pemerintah Lebih Transparan
Bangka Pos/Idandi Meika Jovanka
Sosialisasi Pengadaan Barang E-Katalog 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Perkembangan teknologi dan informasi di era digital mempermudah sejumlah akses masyarakat, termasuk pengadaan barang berbasis E-Katalog.

Bhinneka selaku e-commerce bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) menyosialisasikan pengadaan melalui E-Katalog. Guna meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah tentang manfaatnya.

Sosialisasi bertema ‘Sosialisasi E-Katalog LKPP: Belanja Cepat Cara Tepat melalui E-Katalog’ dilaksanakan di Soll Marina Hotel dan Conference Center Bangka. Kegiatan ini dihadiri 100 peserta, diantaranya kepala SKPD, ketua ULP, dan LPSE di Bangka, Kamis (12/6/2018).

Kepala LKPP, Agus Prabowo mengatakan E-Katalog menjadi instrumen baru menciptakan pengadaan barang atau jasa pemerintah lebih terbuka dan efisien. Sebab, pembelian bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Pengelolah hanya melakukan Login dan transaksi di laman https://e-katalog.lkpp.go.id/.

Ia mengaku optimis perkembangan penggunaan e-katalog akan banyak, mengingat tersedia pelbagai pilihan dan fleksibilitas saat membeli produk. Sehingga, pemerintah bisa memilih dan menentukan pembelian produk sesuai kebutuhan. Terutama, informasi spesifikasi, harga, dan merek dapat diakses semua pihak.

“informasi harga dan spesifikasi barang maupun jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP bersifat terbuka sehingga masyarakat dapat melihat dan mengontrol. Pembeli, seperti pokja juga bisa membandingkan harga yang sama dari sejumlah penyedia,” jelas Agus

Ia menambahkan perusahaannya merupakan medium (e-katalog) meng-create pasar yang terbuka seperti crowl control. Sehingga, publik bisa mengawasi secara langsung.

Bhinneka Dorong E-Katalog LKPP Bertransaksi Belanja Pemerintah Lebih Transparan

Kehadiran E-Katalog LKPP sebagai penyedia barang maupun jasa perlu lebih disosialisasikan untuk meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah mengenai manfaatnya. Guna mendorong transaksi pembelanjaan di indonesia lebih transparan dan maju. Terutama, kini ada 31.000 produk yang ditayangkan, Kamis (12/7/2018).

Halaman
12
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help