Personel Polres Pangkalpinang Ikuti Tes Psikologi

Sekitar 200 personel jajaran Polres Pangkalpinang mengikuti tes psikologi di kampus Amik atma luhur, Selindung, Pangkalpinang

Personel Polres Pangkalpinang Ikuti Tes Psikologi
bangka pos/ira kurniati
Sekitar 200 personel jajaran Polres Pangkalpinang mengikuti tes psikologi di kampus Amik atma luhur, Selindung, Pangkalpinang, Kamis (12/7/2018). Rangkaian tes tersebut diantaranya tes Senjata api (senpi) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekitar 200 personel jajaran Polres Pangkalpinang mengikuti tes psikologi di kampus Amik atma luhur, Selindung, Pangkalpinang, Kamis (12/7/2018).

Rangkaian tes tersebut diantaranya tes Senjata api (senpi), mapping dan profil klinis psikologi (PKP). Pemberian tes dilakukan oleh biro SDM Polda Kepulauan Bangka belitung berdasarkan program dari Mabes Polri.

Kabag Sumda Polres Pangkalpinang, Kompol Suradi seizin Kapolres mengatakan tes senpi dan mapping ini rutin dilakukan tiap tahunnya. Namun untuk tes PKP baru pertama kali dilaksanakan.

"Yang kasih tes dari biro SDM Polda Babel. Untuk tes profil klinik itu baru kali ini." kata Kompol Suradi, Kamis (12/7/2018).

Selaku pihak yang menyelenggarakan tes, Kabag Psikologi biro SDM Polda Babel, Kompol Endang Mustikawati mengatakan tes tersebut bertujuan untuk pembinaan karir anggota, baik itu untuk melanjutkan sekolah maupun kenaikan pangkat personel kepolisian.

"Ini hanya sebagai salah satu alat ukurnya, melalui tes ini. Bisa digunakan untuk penunjang karir anggota," kata Kompol Endang, Kamis (12/7/2018).

Ada delapan materi yang disiapkan dalam tes psikologi ini. Tes senpi dilakukan untuk melihat kelayakan anggota membawa dan menggunakan senjata api.

Sedangkan tes profil klinis psikologis untuk melihat apakah terdapat indikasi gangguan psikologis diri anggota. Kemudian jika terdapat hal tersebut akan dilakukan konseling tahap selanjutnya. Tes mapping psikologis untuk mengetahui potensi, kepribadian dan sikap kerja para personel kepolisian. 

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved