Bupati Bangka Barat Dapat Penghargaan Tokoh Koperasi dari Presiden RI

Parhan menjadi satu-satunya perwakilan Babel untuk mendapatkan penghargaan itu

Bupati Bangka Barat Dapat Penghargaan Tokoh Koperasi dari Presiden RI
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elviyena. 

 Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Barat, Parhan Ali berhasil mendapatkan penghargaan Satyalencana Pembangunan sebagai salah satu tokoh koperasi berasal dari Bangka Belitung yang diserahkan langsung oleh Presiden RI, pada Kamis (12/7/2018) lalu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elviyena mengatakan Parhan menjadi satu-satunya perwakilan Babel untuk mendapatkan penghargaan itu.

Lantaran berhasil membangun dan mengembangkan koperasi dan UMKM dengan kebijakan penerbitan Perda no 11 tahun 2015, tentang pedoman pengelolaan koperasi pembinaan dan peningkatan alokasi anggaran signifikan dari tahun ke tahun sebesar 8,4 persen.

Sehingga dapat menumbuhkan daya saing yang sejajar dengan pelaku usaha yang dikelola dengan profesional dan maju serta dan dapat menjadi tulang punggung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bangka Barat.

"Ada beberapa tingkatan penghargaan, pak Parhan Ali dapat yang Satyalencana pembangunan di bidang koperasi. Ini memang kita usulkan dari Babel," kata Elviyena, Jum'at (13/7/2018).

Ia mengatakan, pihaknya hanya mengusulkan satu nama, pasalnya hanya kabupaten Bangka Barat yang mengirimkan usulan.

Sedangkan kabupaten/kota lainnya tidak menyampaikan usulan.

Menurutnya, sebelum ditetapkan ini melalui proses yang panjang. Usulan dari kabupaten/kota diteruskan ke kementerian.

Lalu diseleksi, kurasi dan verifikasi oleh tim kementerian terhadap dokumen yang dilampirkan dengan kesesuaian fakta di lapangan.

"Kita minta Kabupaten/kota untuk mengajukan masing-masing 1 orang untuk jadi tokoh koperasi, kabupaten lain tidak mengusulkan cuma Bangka Barat yang mengusulkan dan melengkapi persyaratan itu dipenuhi setelah dikurasi kementerian memenuhi syarat," jelasnya.

Ia menilai Parhan Ali termasuk sosok yang concern dalam pemberdayaan koperasi khususnya di Bangka Barat.

"Di Babar koperasi ini mulai bergerak dan evalusi kementerian ini sesuai beliau mendapatkan penghargaan ini, kita harapkan tahun depan kabupaten/kota lain juga mengusulkan tokoh koperasinya," ujarnya.

Menurutnya, penghargaan ini bisa diberikan kepada siapa saja yang menjadi penggiat di bidang koperasi.

"Tokoh koperasi bukan hanya pejabat saja, masyarakat pelaku koperasi juga bisa. Tapi memang harus memenuhi persyaratan, misalnya biodata pengalaman dan apa yang sudah dilakukan karena nanti diseleksi," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help