Sambut Perayaan 35 Tahun Berdirinya Masjid Agung Sungailiat, Warga Gelar Berbagai Kegiatan

Terhitung usia Masjid Agung Sungailiat Bangka (MAS) sudah 35 tahun. Tempat ibadah umat Islam paling megah yang berada di jalur 2 Kota Sungailiat

Sambut Perayaan 35 Tahun Berdirinya Masjid Agung Sungailiat, Warga Gelar Berbagai Kegiatan
Bangka Pos / Ferylaskari
Tampak Mesjid Agung Sungailiat (MAS) Bangka berdiri megah, Jum'at (13/7/2018). Tak terasa usianya hampir genap 35 tahun sejak didirikan, 22 Juli 1983 silam. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Terhitung usia Masjid Agung Sungailiat Bangka (MAS) sudah 35 tahun. Tempat ibadah umat Islam paling megah yang berada di jalur 2 Kota Sungailiat ini diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) ketika itu, H Sainan Sagiman, 22 Juli 1983 silam

"Rencananya kita sedang persiapan milad, peringatan ulang tahun Masjid Agung yang ke 35. Masjid ini diresmikan Gubernur Sumsel H Sainan Sagiman, 22 Juli 1983. Nah Tanggal 22 Juli 2018 nanti usianya genap 35 tahun," kata Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat (BPPMAS), H Mat Zen Mat Yasin ditemui Bangka Pos Groups di halaman masjid ini, Jum'at (13/7/2018).

Walau masjid itu genap 35 tahun pada Tanggal 22 Juli 2018 nanti, namun perayaan miladnya dilaksakan lebih cepat, Tanggal 21 Juli 2018.

Perayaan berdirinya masjid tersebut digelar dalam bentuk kegiatan positif melibatkan berbagai pihak, khususnya jemaah.

"Insya Allah akan dirayakan pada Tanggal 21 Juli 2018, fokus pada gerakan Salat Subuh Berjamaah. Dirayakan Tanggal 21 Juli 2018 mulai Pukul 04.00 WIB. Kita akan buat tenda di halaman mesjid ini," katanya.

Tak hanya salat shubuh berjamaah, namun milad tempat ibadah tersebut dirangkaikan pada pemutaran film dokumenter pendirian mesjid. Sebelum film diputar, lebih dulu pembacaan shalawat oleh anak-anak madrasah.

"Para jemaah kita ajak ke tenda, dihiasi shalawat oleh anak-anak madrasah kita, kemudian nonton film dokumenter, tentang sejarah berdirinya Masjid Agung ini," katanya.

Tak lupa kata Mat Zein, Ketua (BPPMAS), Ustaz H Saiful Zuhri akan menyampaikan kata sambutan. Begitu pula Bupati Bangka akan menyampaikan kata sambutan karena acara rencananya dihadiri oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan.

Acara juga diselingi lagu-lagu kesenian Islam dan pemberian santunan kepada beberapa orang yang telah ditentukan oleh pengelola masjid ini.

"Santunan kepada orang-orang pendiri masjid ini yang masih hidup seperti Pak H A Rakiman Matarap, H Samsul Bahri, H Siswo, Drs H Ahyar Anwar yang sekarang masih hidup. Mereka ini dulunya terlibat dalam kepanitiaan pembangunan mesjid ini," kata Mat Zen memastikan, santunan juga diberikan kepada petugas, kebersihan, pengggali kubur, marbot masjid dan sebagainya.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help