Stok Sapi Untuk Hewan Kurban Ada 400 Ekor dan Kambing 300 Ekor

Rencana kita awal Agustus baru akan membentuk tim pemantauan hewan kurban. Kita akan memanggil

Stok Sapi Untuk Hewan Kurban Ada 400 Ekor dan Kambing 300 Ekor
Bangkapso/Edwardi
Kantor Dinas Pangan dan.Pertanian Kota Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM-- Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang mencatat persediaan stok hewan kurban jenis sapi saat ini tersedia sekitar 400 ekor dan kambing sekitar 300 ekor.

Hal ini diungkapkan Amelia Kasih, Kesmaspet, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang kepada Bangkapos.com, hari ini Jumat(13/07/2018).

"Rencana kita awal Agustus baru akan membentuk tim pemantauan hewan kurban. Kita akan memanggil pengurus Masjid, MUI, dan Kemenag Kota Pangkalpinang untuk melakukan pemantauan persiapan lapangan," kata Amelia. 

Ditambahkannya tim akan memberikan kepada para pengurus Masjid dan panitia pemotongan hewan kurban tentang tata cara pemotongan hewan kurban yang baik dan benar serta wadah plastik untuk tempat daging kurban yang higienis.

"Untuk pemantauan kesehatan hewan kurban kita memeriksa dari penyakit kuku, moncong yang berair atau tidak, mata yang berair atau tidak," jelasnya.

Dilanjutkannya pada hari H pemotongan hewan kurban tim akan meminta panitia kurban memisahkan antara daging kurban bagian hati dan bagian organ dalam lainnya.

"Kita akan memeriksa bagian hatinya, bila ditemukan cacing satu atau dua ekor saja masih layak untuk dikonsumsi namun jika ditemukan banyak cacing di dalam hati sapi tersebut maka sebaiknya tidak dikonsumsi atau dibuang saja," tukasnya.

Ditambahkannya arus kedatangan hewan kurban ke Kota Pangkalpinang diperkirakan sudah masuk pada akhir Juli ini.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan pak Badot pedagang sapi Kota Pangkalpinang menyebutkan untuk stok sapi menjelang Idul Adha Insya Allah lancar bila seandainya masih dibutuhkan siap didatangkan lagi dari Lampung, saat ini yang sudah siap ada 400 ekor sapi," ungkapnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help