Terbentuk di Bangka, PCPI Akan Kenalkan Masakan Khas Bangka

Perkumpulan Chef Professional Indonesia (PCPI) saat ini sudah terbentuk di Bangka. Beranggotakan sekitar 66 orang, chef dari berbagai job

Terbentuk di Bangka, PCPI Akan Kenalkan Masakan Khas Bangka
bangka pos/Evan Saputra
PCPI Berpoto bersama saat berkunjung ke Bangka Pos 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Perkumpulan Chef Professional Indonesia (PCPI) saat ini sudah terbentuk di Bangka. Beranggotakan sekitar 66 orang, chef dari berbagai job bisnis ini terbentuk untuk mengenalkan masakan khas di Porvinsi Bangka Belitung, Jumat (13/7/2018)

Perwakilan PCPI menyempatkna diri  mengungujungi Bangka Pos untuk bersilaturahmi dan sosialisasi tentang perkumpulan yang terbentuk pada bulan Mei lalu.

Kedatangan PCPI ini disambut langsung oleh emimpin Redaksi Bangka Pos Group, Syarif Dayan.

Chef Tri mengatakan anggota PCPI tidak hanya chef dari hotel namun dari berbebagai tempat bisnis yang memiliki chef.

"Jadi semua yang ada chefnya, semuanya yang berhubungan dengan kuliner, di Bangka sudah terebntuk tapi baru Sungailiat dan Pangkalpinang, kalau DPD hampir semua Provinsi di Indoensia sudah punya. Di Bangka ada 66 anggota di Belitung sekitar 40 anggota," ujarnya.

Tri mengatakan PCPI dibentuk disemua daerah untuk mengangkat semua kuliner khas tiap daerah, tanpa terkecuali di Bangka.

"Kita mengkat masakan daerah, masakan daerah kita selama ini belum begitu dikenal. Kita mengangkat makanan khas daerah kita walau di daerah lain ada, wilayah sumatra kan serumpun, kalau bangka masakan hapir 60 persen dari cina, jadi kita lakukan survei dan riset," katanya.

Untuk mencari masakan khas, Tri mengatakan pihaknya bersama tim akan melakukan survey di berbagai daerah di Bangka untuk menemukan resep terbaik dan belajar cara membuatnya.

"Kita survei di daerah pembuat dan kita balajar resep, kita mau patenkan juga nanti jika benar sudah pasti resep dan masakannya, supaya tidak di klaim," katanya.

Tak hanya itu, Tri mengatakan pihanya sudah bekerjasama bersama pemerintah daerah untuk melakukan riset masakan khas.

"Target PCPI, kita menyelesiakan profil provinsi tentang kuliner di tahun 2019 masakan kuliner khas bangka di bawah profil dinas pariwisata, selama ini belum ada profilnya, kemarin kita ajukan, kita bersyukur sekali disetujui," ujar Tri.

Pemimpin Redaksi Bangka Pos Group, Syarif Dayan menyambut baik kedatangan PCPI berkunjung ke Bangka Pos. Ia berharap dengan adanya PCPI dapat membawa nama kuliner di Babel semakin terkenal.

Penulis: Evan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved