Dishub Lakukan Tindakan Ini Untuk Antisipasi Kecelakaan Laut

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk tim gabungan untuk mengantisipasi dan meminimalisir kecelakaan

Dishub Lakukan Tindakan Ini Untuk Antisipasi Kecelakaan Laut
Bangka Pos / Krisyanidayati
Kepala Dinas Perhubungan Babel, KA Tajjudin. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk tim gabungan untuk mengantisipasi dan meminimalisir kecelakaan di wilayah perairan Babel baik laut, sungai, dan penyebrangan di Babel.

Tim gabungan yang terdiri dari Dishub, Direktur Polair Polda Babel, semua KSOP dan UPP di wilayah Babel, BMKG, Basarnas dan instansi terkait lainnya telah melakukan rapat koordinasi antisipasi kecelakaan laut yang marak terjadi di beberapa daerah.

"Semua Instansi sepakat untuk berupaya menciptakan kondisi zero accident dan zero victim di perairan Babel. Masing-masing Instansi ini akan melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai kewenangannya yg melekat pada Institusi tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan Babel Tajjudin, Minggu (15/7/2018).

Ia menyebutkan, dalam waktu dekat tim akan melakukan upaya pre-emtif, preventif dan represif. Upaya Pre-emtif dengan mengadakan sosialisasi keselamatan pelayaran terutama kepada pemilik kapal dan Awak kapal serta kepada para penumpang kapal.

Upaya Preventif yang dilakukan berupa pengecekan kelengkapan keselamatan kapal. Tak hanya itu, kelengkapan administrasi kapal juga akan menjadi perhatian.

"Kita lihat ada atau tidaknya alat keselamatan, jika ada akan dicek juga berfungsi tidaknya perlengkapan keselamatan kapal juga akan di cek administrasi kapal, sertifikat kapal, kelaikan kapal, kapasitas penumpang dan sebagainya," kata Tajjudin.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan upaya represif seperti pengawasan berkala apabila terjadi permasalahan pelayaran. Pihaknya akan memproses penanggung jawab dari transportasi laut itu.

Tajjudin, mengakui ini mencapai zero accident dan zero victim dalam transportasi laut memang hal yang tidak mudah. Namun, ini harus diantisipasi dan disiapkan agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Memang diakui, untuk mencapai zero accident dan zero victim adalah sesuatu yang tidak mudah, karena kecelakaan di laut adakalanya diakibatkan oleh faktor cuaca, yang pengendaliannya diluar kemampuan manusia," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved