Leisure Bangka Belitung

Pantai Kuala Jadi Alternatif Kunjungan Warga Pangkalpinang di Akhir Pekan

Pantai Koala menjadi alternatif ditengah tak banyaknya pilihan wisata pantai di dekat Kota Pangkalpinang.

Pantai Kuala Jadi Alternatif Kunjungan Warga Pangkalpinang di Akhir Pekan
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Suasana kunjungan warga ke Pantai Kuala, dekat Jembatan Emas, perbatasan Pangkalpinang-Kabupaten Bangka, Minggu (15/7/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

PANGKALPINANG, BANGKA POS- Sebelum jembatan Emas yang menghubungkan Pangkalpinang-Bangka melalui Jalan Lintas Timur dibangun, tak banyak warga yang bisa mendatangi Pantai Koala dengan mudah.

Sekarang, pantai ini menjadi alternatif tujuan berpelesir warga Pangkalpinang dan sekitarnya pada akhir pekan.

Hal ini diamini Try, warga Pangkalpinang. Menurutnya, Pantai Kuala menjadi alternatif di tengah tak banyaknya pilihan wisata pantai di dekat Kota Pangkalpinang.

"Sejak Jembatan Emas jadi, pantai ini jadi sering kami kunjungi selain Pasirpadi. Letaknya lumayan dekat dari kota. Pantai biasanya yang lumayan bagus itu di Sungailiat, tapi pantai ini lumayan karena lokasinya yang dekat," kata pengunjung yang datang berombongan bersama keluarganya ini kepada Bangka Pos, Minggu (15/7/2018) sore.

Pengamatan Bangka Pos, Pantai Kuala menawarkan pemandangan ke arah timur. Pohon-pohon kelapa dan cemara menjadi peneduh bagi pengunujng.

Tampak beberapa lapak dan booth pedagang menjajakan makanan dan minuman ringan untuk pengunjung. Menurut warga, jika air sedang tak pasang, sejumlah pulau pasir akan terlihat dan pengunjung bisa berjalan relatif jauh berjalan dari garis pantai

Lalu lalang kapal yang melintas di bawah kemegahan Jembatan Emas menjadi pemandangan tambahan bagi pengunjung. Cocok untuk dijadikan latar foto-foto.

"Kalau foto-foto di atas jembatan kan orang sudah sering, ini dari bawah lumayan bagus view-nya. Tapi sering backlight," ujar Budi, pengunjung lainnya.

Warga juga sering menjadikan pantai ini sebagai spot untuk memancing dan menangkap ikan menggunakan jaring. Kebetulan pada Minggu (15/7/2018) sore, ada satu kapal nelayan merapat guna membongkar jaring mereka di dekat bawah jembatan dan menjadi tontonan warga.

Sekadar tips, jika anda dari Pangkalpinang hendak menuju pantai ini lalu tak mau kecele sebab jembatan tengah diangkat karena ada kapal yang sedang lewat, anda bisa terlebih dahulu memantau jadwal operasional jembatam emas di website jembatanemas.com. Lalu, jika dari arah Sungailiat, anda bisa menjangkau Pantai Koala melalui Jalan Lintas Timur.

Tetapi sayang, pantai ini seperti belum banyak dikembangkan. Fasilitas umum tidak terlihat dan sampah mudah ditemui di garis pantainya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help