5 KRPL di Pangkalpinang Dapat Bantuan Rp 50 Juta per Kelompok

Kota Pangkalpinang pada tahun 2018 ini mendapatkan bantuan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dimana dananya

5 KRPL di Pangkalpinang Dapat Bantuan Rp 50 Juta per Kelompok
Bangka Pos/Edwardi
Yiyi Zilaida Dwitri, Kasi Konsumsi Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kota Pangkalpinang pada tahun 2018 ini mendapatkan bantuan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dimana dananya dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian sebanyak 5 kelompok.

Dimana masing-masing kelompok mendapat bantuan sebesar Rp 50 juta.

"Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yakni suatu kawasan yang difokuskan untuk penanaman tanaman di pekarangan," kata .
Yiyi Zilaida Dwitri, Kasi Konsumsi Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang kepada Bangkapos.com, Senin (16/07/2018) di kantornya.

Dijelaskannya, semua kebutuhan harus ada baik tanaman sumber pangan seperti jagung, singkong dan sebagainya. Juga harus ada sumber vitamin, seperti sayur mayur dan sumber protein seperti ikan dan ternak seperti ayam, bebek dan sebagainya.

"KRPL ini dikerjakan ibu-ibu rumah tangga yang ada satu RT atau Lingkungan terdekat. Satu kelompok KRPL ini anggotanya ada 30 orang yang rumahnya berdekatan dalam satu kawasan," ujarnya.

.Diungkapkannya, kelima kelompok tersebut yakni KRPL Pelangi di Kelurahan Rembetan, KRPL Jagung di Kelurahan Air Mawar, KRPL Cempaka di Kelurahan Ampuni, KRPL Cendawan 31 di Kelurahan Parit Lalang, dan KRPL Bougenvile di Kelurahan Selindung.

"Masing-masing KRPL itu mendapatkan dana sebesar Rp 50 juta yang langsung ditransfer ke rekening kelompok, jadi pihak dinas hanya sebagai perantara, pembimbing dan pembina serta mengawasi pelaksanaan teknis sesuai petunjuk teknis dari kementerian," jelasnya.

Ditambahkannya setiap kelompok akan didampingi satu penyuluh pertanian yang akan selalu mendampingi KRPL dalam melakukan kegiatan di lapangan.

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved