Bupati Tinjau Pembangunan Pasar Inpres Yang Menelan Dana Rp 3 M

Bupati Bangka Tarmizi Saat, Senin (16/7/2018) meninjau proyek pembangunan Pasar Inpres Sungailiat yang sebelumnya sudah dilakukan

Bupati Tinjau Pembangunan Pasar Inpres Yang Menelan Dana Rp 3 M
Bangka Pos/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat, Senin (16/7/2018) ketika memeninjau proyek pembangunan Pasar Inpres Sungailiat 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka H Tarmizi Saat, Senin (16/7/2018) meninjau proyek pembangunan Pasar Inpres Sungailiat yang sebelumnya sudah dilakukan pembongkaran.

Rencananya proyek yang mulai dibangun pada tanggal 4 Juni 2018 ini akan selesai pada akhir tahun 2018.

Diakui Tarmizi pembangunan Pasar Inpres ini sebagai kelanjutan dari pembangunan Pasar Kite, Pasar Kenanga, Pasar Penagan, Pasar Belinyu dan Pasar Petaling. Untuk pembangunan Pasar Inpres tersebut dianggarkan dana senilai Rp 3 milyar.

Khusus untuk pembangunan Pasar Inpres tersebut terdiri dari penataan ruko di depan padar, jalan, los pasar dan embung.
Pembangunan embung dilakukan untuk mengatasi kebanjiran.

"Pembangunan embung ini kalau air tergenang tidak terlalu lama karena ada kantor lurah dan KUA," jelas Tarmizi kepada bangkapos.com.

Sedangkan untuk para pedagang yang akan menempati los/petak dan ruko pasar diprioritaskan bagi pedagang lama. Nanti akan dilakukan pengundian untuk penempatan los/petak dan ruko yang akan ditempati.

"Nanti akan dilakukan oleh dinas terkaitlah. Semua pihak tidak menitip pedagang yang penting benar-benar berdagang disitu. Kalau mereka yang sudah punya los di Pasar Kite dak usah lagilah, yang punya los di Pasar Kenanga dak usah lagi berbagi dengan orang lain. Jangan keluarga bupati, keluarga wakil bupati, keluarga sekda, keluarga dewan dak usalah, beri dengan masyarakat untuk berdagang," tegas Tarmizi.

Dia juga mengimbau dijaga kebersihan pasar agar pembeli dan pedagang nyaman untuk berbelanja. "Dijaga kebersihannya sebagai muka dari Kota Sungailiat ini. Kota yang bersih, tertib dan aman, kota yang tentram untuk masyarakatnya," kata Tarmizi.

Selain itu juga rencananya Pemkab Bangka akan membangun pasar di Kelurahan Sinar Jaya agar konsentrasi di Pasar Kite tidak menumpuk.

"Di daerah Pohin juga perlu ada pasar. Sudah ada cikal bakalnya tinggal kita bangun. Artinya dengan dibangun pasar ini fasilitas umum masyarakat terjaga dengan baik. Nanti akan diikuti stadion untuk olahraga. Untuk di daerah Bangka ini akan dibangun di Air Anyir dibangun dengan dana alokasi khusus dan APBN," jelas Tarmizi.

Menurutnya dengan pasar yang bersih dan rapi juga bisa menjadi penunjang sektor pariwisata.

Penulis: nurhayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved