Jelang Akhir Pendaftaran, Delapan Parpol Telah Ajukan Daftar Bacaleg ke KPU Pangkalpinang

Tercatat sudah delapan partai politik (parpol) telah mengajukan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Kota Pangkalpinang.

Jelang Akhir Pendaftaran, Delapan Parpol Telah Ajukan Daftar Bacaleg ke KPU Pangkalpinang
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Ketua KPU Pangkalpinang M. Yusuf 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Hingga Senin (16/7/2018) pukul 16.30 WIB, tercatat delapan partai politik (parpol) telah mengajukan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Kota Pangkalpinang. Kedelapan parpol tersebut adalah Hanura, PKS, PPP, Perindo, PKB, PAN, Gerindra, dan NasDem.

Jika tiap partai diketahui mengajukan pendaftaran untuk 30 bacaleg-nya (sesuai ketentuan 100 persen dari jumlah kursi DPRD Kota Pangkalpinang) , maka total ada 240 bacaleg yang telah diajukan ke KPU Pangkalpinang. Ketua KPU Pangkalpinang M. Yusuf mengatakan, sesuai tahapan, Selasa (17/7/2018) besok adalah batas terakhir bagi parpol untuk mendaftarkan bacaleg.

"Besok sampai jam 24.00 batas terakhirnya. Masih ada delapan partai yang belum," kata Yusuf kepada Bangka Pos, Senin (16/7/2018).

Kedelapan partai tersebut diperkirakan akan mendaftar pada hari terakhir, Selasa (17/7/2018) beosk. Menurut Yusuf, parpol baru mendaftar di hari terakhir biasanya terkendala pada pemenuhan syarat pendaftaran bacaleg seperti surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat tidak pernah dipidana dari pengadilan hingga legalisir ijazah.

Sementara untuk kendala aplikasi Silon yang dinilai lambat oleh parpol, M. Yusuf mengatakan halnitu terjadi karena server yang sibuk. "Mungkin agak terlambat mengurusnya, kalau sudah lengkap semua mungkin baru mendaftar. Silon itu sudah. Hanya saja mungkin harus pintar cari waktunya, kata mereka harus malam download (berkas-nya) karena kalau siang itu mungkin banyak pengguna yang masuk," beber Yusuf.

Setelah hari terakhir pengajuan pendaftaran, KPU akan memverifikasi administrasi bacaleg. Setelah itu, pihaknya akan menyampaikan kepada parpol jika ada berkas atau syarat pendaftaran yang perlu diperbaiki.

"Nanti akan kami beri tahu jika ada yang perlu dilengkapi. Setelah itu akan kami verifikasi lagi. Baru proses akhirnya nanti akan kami tetapkan daftar calon sementara," tutur Yusuf. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved