3.854 Jiwa Masyarakat di Beltim Belum Lakukan Perekaman e-KTP

Jumlah warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP mencapai 95,46 persen sedangkan wajib E-KTP yang belum melakukan perekaman sebanyak 3.854 jiwa.

3.854 Jiwa Masyarakat di Beltim Belum Lakukan Perekaman e-KTP
Bangka Pos / Suharli
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Belitung Timur (Beltim) Ernadi. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR - Sebagai salah satu syarat bagi calon pemilih sementara (CPS) adalah memiliki e-KTP, saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Belitung Timur (Beltim) memastikan jumlah warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP mencapai 95,46 persen sedangkan wajib e-KTP yang belum melakukan perekaman sebanyak 3.854 jiwa.

Kepala Disdukcapil Ernadi menyampaikan, wajib e-KTP yang ada di Beltim sebanyak 84.887 jiwa, dimana yang sudah melakukan perekaman e-KTP sebanyak 81.033 jiwa. Sedangkan jumlah masyarakat wajib e- KTP yang belum melakukan perekaman sebanyak 3.854 Jiwa.

"Untuk upaya percepatan, kami sudah melakukan verifikasi data dengan data yang kami dapat dari coklit KPU oleh petugasPantarlih, sejak beberapa hari lalu kami sudah menyisir ke desa-desa," ujar Ernadi kepada posbelitung (18/7/2018).

Dijelaskan Ernadi saat KPU turun ke lapangan, ada beberapa penduduk yang belum memiliki e-KTP menurut KPU.

"Sebetulnya menurut data kami mereka sudah memiliki e-KTP, cuman ketika itu yang bersangkutan (masyarakat-red) sedang tidak berada ditempat, e-KTP tidak bisa dititipkan, jadi didata mereka (KPU-red) belum terekam, padahal sudah, itu yang kami verifikasi dan koordinasikan dengan KPU," Ujar Ernadi.

Selain itu warga yang benar-benar belum memiliki atau melakukan perekaman e-KTP, Disdukcapil Beltim langsung turun ke desa, untuk menindaklanjuti dan memastikan sejumlah warga yang belum memiliki e-KTP tersebut.

Sementara untuk tempat yang sulit di jangkau seperti pulau pulau kecil yang ada di wilayah kabupaten Belitung Timur, Disdukcapil juga melakukan penyisiran hingga ke lapas Tanjungpandan, yang kemungkinan masih adanya warga binaan lapas tanjung pandan yang merupakan warga Beltim belum terekam e-KTP atau dokumen kependudukan lainnya.(*)

Penulis: Suharli
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help