DLH Provinsi Belum Terima Hasil Uji Lab Soal Limbah Minyak di Pantai Sungailiat

Kita bersama dengan tim KLHK terus menelusuri ini, mereka juga udah ambil sampel, sekarang kita mencari

DLH Provinsi Belum Terima Hasil Uji Lab Soal Limbah Minyak di Pantai Sungailiat
Istimewa
Pencemaran limbah minyak di Pantai Batu Bedaun. 

 Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Seksi Penegakan Hukum lembah B3 dan Pengaduan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budiman Syahbani mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mengumpulkan data-data terkait pencemaran limbah minyak yang terjadi di Pantai Batu Bedaun dan Pantai Teluk Putat, Sungailiat, Bangka beberapa waktu lalu.

Pihaknya, memang sudah mengambil sampel dari limbah minyak yang ditemukan. Namun, saat ini sampel ini masih dalam tahapan pengujian.

"Hasil uji lab baru bisa kita lihat setelah 15 hari, sampai hari ini hasilnya belum keluar," katanya, Rabu (18/7/2018).

Menurutnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menurunkan tim untuk menyelediki penyebab pencemaran limbah minyak di pantai.

"Kita bersama dengan tim KLHK terus menelusuri ini, mereka juga udah ambil sampel, sekarang kita mencari penyebab dan sumbernya darimana minyak-minyak ini," katanya.

Sembari menunggu hasil, menurutnya pihaknya mengumpulkan data-data terkait seperti berkoordinasi dengan KSOP, PT Timah, dan masyarakat sekitar.

"Tidak gampang menyatakan ini apa penyebab dan sumbernya minyak ini, apa ada yang melakukan pembuangan atau gimana. Kalau belum jelas sumbernya kita enggak berani juga menuduh," sebutnya.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan mencocokkan sampel minyak dengan beberapa dugaan penyebab sumber minyak ini.

"Ini harus dicocokkan dulu limbah yang adai di pantai dengan masing-masing yang menjadi kecurigaan kita. Kami masih mengumpulkan data-data baik dari KSOP, PT Timah, masyarakat," tutupnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help