Hingga Hari Terakhir Pendaftaran, Hanya Partai PSI Tak Mencalonkan Calegnya di KPU Bangka

Dari 16 parpol peserta pemilu satu partai yang tidak mendaftar yakni Partai Solidaritas Indonesia. Faktornya kita tidak tahu mengapa

Hingga Hari Terakhir Pendaftaran, Hanya Partai PSI Tak Mencalonkan Calegnya di KPU Bangka
Bangka Pos / Nurhayati
Ketua KPU Bangka, Zulkarnain Alijudin 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka hingga batas akhir pendaftaran pencalonan legislatif partai politik peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, Selasa (17/7/2018) hingga jam 24.00 atau jam 00:00 malam menerima sebanyak 15 parpol yang mendaftarkan calon legislatifnya.

Dari 16 parpol politik Pileg 2019 tersebut hanya satu parpol yang tidak mendaftar yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kabupaten Bangka.

Sedangkan 15 parpol yakni PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, dan PKP yang mendaftar dokumen pendaftaran calegnya dinyatakan lengkap dan sudah menerima tanda terima pendaftaran DPRD Kabupaten Bangka.

"Dari 16 parpol peserta pemilu satu partai yang tidak mendaftar yakni Partai Solidaritas Indonesia. Faktornya kita tidak tahu mengapa tidak mendaftar tetapi mungkin ketidaksiapan mereka. Mungkin mereka masih muda masih mau belajar dulu tentang berpolitik. Itu yang mereka sampaikan lewat WA kepada salah satu komisioner," ungkap Zulkarnain kepada bangkapos.com.

Menurutnya, secara otomatis PSI tidak bisa mencalonkan calegnya pada Pileg 2019 nanti di Kabupaten Bangka.

Untuk saat ini KPU Kabupaten Bangka belum bisa menyebutkan jumlah total anggota DPRD yang mendaftar karena sedang dilakukan proses verifikasi berkas dan perekapan caleg parpol.

Dikatakan Zulkarnain proses verifikasi dan perekapan tersebut harus selesai Rabu (28/7/2018) ini.

"Besok pagi kami sudah menyampaikan ke partai politik apa yang menjadi kekurangan kekurangan berkas calon. Itu yang harus kami sampaikan nanti tanggal 19 sampai 21 Juli kami akan menyampaikan kepada partai politik. Partai politik punya kesempatan untuk memperbaiki permohonan berkas syarat calon dari 22 sampai 31 Juli," jelas Zulkarnain.

Pihaknya akan memproses verifikasi perbaikan persyaratan daftar calon pada tanggal 1 hingga 7 Agustus 2018 dan disampaikan KPU Kabupaten Bangka kepada parpol.

Kemudian KPU melakukan penetapan Daftar Calon Senentara (DCS) pada tanggal 8 hingga 12 Agustus 2018. Selanjutnya pengumuman DCS pada tanggal 12 hingga 14 Agustus 2018.

Setelah diumumkan DCS maka KPU akan meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat dari tanggal 12 sampai 21 Agustus 2018.

Untuk mengerjakan proses verifikasi pencalonan para caleg tersebut Komisioner KPU bersama para staf KPU bekerja keras hingga larut malam.

"Dari semalem juga kami sudah melakukan verifikasi begitu partai menyerahkan bekas berkasnya langsung kami proses verifikasi. Semalem sampai jam 01.00 dinihari karena hari ini kita dikejar harus selesai malam ini harus sampai selesai proses verifikasi," kata Zulkarnain.

Pihaknya menurunkan 15 personil staf sekretariat KPU untuk memverifikasi persyaratan caleg parpol.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help