Kepala Desa Diminta Gerakkan Perekonomian Desa Dengan Kembangkan Potensi Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengumpulkan 80 kepala desa dari Kabupaten Bangka

Kepala Desa Diminta Gerakkan Perekonomian Desa Dengan Kembangkan Potensi Desa
Bangka Pos / Krisyanidayati
Rapat bersama 80 kepala desa dari Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur, di ruang rapat pasir padi, Kamis (19/7/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengumpulkan 80 kepala desa dari Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur, di ruang rapat pasir padi, Kamis (19/7/2018).

Kepala DPMD Babel, Yuliswan memberikan arahan kepada kepala desa yang hadir untuk menggerakkan perekonomian desa dengan mengembangkan potensi yang dimiliki desa.

"Pak gubernur mengharapkan kepala desa bisa meningkatkan perekonomian di desa, misalnya melalui kegiatan berbasis agrowisata, pertanian, perkebunan, ini digalakkan," katanya usai rapat bersama perwakilan kepala desa, di ruang rapat Pasir Padi, Kamis (19/7/2018).

Ia menyebutkan, untuk mengembangkan desa wisata berbasis agrowisata pertanian, perkebunan, dan peternakan untuk uji coba akan dilaksanakan di empat kabupaten, yakni Bangka Selatan, Belitung Timur, Bangka, dan Bangka Barat.

"Ini tahap awal uji coba, kita buat kawasan dimana desa yang berdekatan ini kerjasama, mereka bikin wisata berbasis peternakan, misalnya peternakan sapi mereka siapkan lahan 10 hektar untuk sama-sama dikelola," katanya.

kalau melalui dana desa ke Bumdes suatu kawasan dengan lahan paling 10 ha untuk peternakan, sapi misalnya.

Di kawasan itu nanti untuk wisataz teman bermain anak, lahan kades yang tau kalau lahan pinjam, kalau lahan warga itu jangan beli.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved