Tak Lengkapi Berkas, Bacaleg Terancam Dicoret

Para bakal calon legislatif (bacaleg) dari partai politik yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka terancam bisa

Tak Lengkapi Berkas, Bacaleg Terancam Dicoret
Bangkapos/Nurhayati
Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain Alijudin 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Para bakal calon legislatif (bacaleg) dari partai politik yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka terancam bisa dicoret dari daftar bacaleg jika tidak melengkapi berkas pencalonan bacaleg yang sudah didaftarkan ke KPU Kabupaten Bangka.

Pasalnya menurut Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain Alijudin berdasarkan hasil verifikasi berkas bacaleg yang disampaikan pengurus partai politik (parpol) masih ada beberapa bacaleg yang belum melengkapi berkas persyaratan.

Namun ia tidak menyebutkan berapa banyak bacaleg yang belum melengkapi berkasnya dan berasal dari parpol mana saja.

"Sampai terakhir dak bisa memenuhi maka dicoret," tegas saat dihubungi bangkapos.com, Kamis (19/7/2018).

Menurut Zulkarnain hasil verifikasi tersebut akan diserahkan Sabtu (21/7/2018) kepada partai politik yang telah mendaftarkan bacalegnya.

"Hasil verifikasi sudah selesai. Berkas ada yang belum lengkap. Hari Sabtu kami serahkan ke parpol untuk diperbaiki," jelas Zulkarnain.

Dia menyatakan untuk temuan bacaleg yang bermasalah dari hasil verifikasi termasuk yang berasal dari mantan napi maupun yang menggunakan ijazah palsu tidak ada.

Kebanyakan para bacaleg yang belum melengkapi berkasnya terkait legalisir iajazah yang banyak menggunakan legalisir lama dan surat dari pengadilan negeri yang belum selesai.

Untuk itu berkas perbaikan persyaratan bacaleg harus diserahkan kembali ke KPU pada tanggal 22 sampai 31 Juli 2018 nanti.

Sementara itu jumlah bacaleg yang mendaftar di KPU Kabulpaten Bangka sebanyak 474 orang terdiri dari laki-laki sebanyak 299 dan perempuan sebanyak 175 orang.

Sampai batas hari terakhir pendaftaran bacaleg, Selasa (17/7/2018) hingga jam 24.00 WIB yang dilakukan parpol ada sebanyak 15 parpol dari 16 parpol yang mendaftar, dimana ada satu parpol yakni dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang tidak mendaftarkan bacalegnya.

15 parpol yang mendaftarkan bacalegnya tersebut yakni PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, PBB dan PKPI yang sudah menerima tanda terima pendaftaran DPRD Kabupaten Bangka.

Penulis: nurhayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help