Baru 8 Ikan Invasif yang Diserahkan ke BKIPM Babel

Di Belitung sudah ada yang menyerahkan 2 Arapaima dan 6 ekor ikan aligator, kita amankan. Cuma sayangnya, ikan aligator yang 2 meter

Baru 8 Ikan Invasif yang Diserahkan ke BKIPM Babel
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala BKIPM Babel, M Darwin Syah P. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Baru delapan ekor ikan predator jenis Arapaima dan Aligator yang diserahkan kepada Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala BKIPM Babel, M Darwin Syah P mengatakan yang menyerahkan baru para pemilik ikan dari Pulau Belitung. Sedangkan untuk di Pulau Bangka pihaknya masih menunggu para pemelihara ikan predator untuk menyerahkan.

"Di Bangka belum ada yang menyerahkan, cuma kita sudah komunikasi dengan komunitas ikan predator, mereka sudah ada pendataan anggota dan jenis ikan," kata Darwin, Jum'at (20/7/2018).

"Di Belitung sudah ada yang menyerahkan 2 Arapaima dan 6 ekor ikan aligator, kita amankan. Cuma sayangnya, ikan aligator yang 2 meter itu mati waktu kita mau pindahkan ke museum Tanjung pandan. Waktu diantar tempat kita jatuh, mungkin ikan itu stres, ketika tampung di kolam sementara ke kolam yang lebih besar keburu mati. Bangkainya masih kita awetkan. Bupati ingin itu dijadikan wisata edukasi," katanya.

Sebelumnya, pihaknya meminta para pembudidaya atau pemilik ikan Invasif untuk menyerahkan ikan ini ke BKIPM hingga tanggal 31 Juli mendatang.

Hal ini lantaran kehadiran ikan dari Sungai Amazon ini diyakini dapat mengurangi populasi ikan lokal.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help