Sempat Diisukan Ada Buaya, Begini Kelanjutan Pengelolaan Pulau Naduk

Pulau yang sempat masuk di proyek strategi nasional (PSN) tersebut, dalam pengembangan sepenuhnya

Sempat Diisukan Ada Buaya, Begini Kelanjutan Pengelolaan Pulau Naduk
Pos Belitung/ wahyu
Sahani Saleh (Sanem) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Pulau Naduk, Kecamatan Selat Nasik, tetap ditargetkan menjadi lokasi karantina sapi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung.

Pulau yang sempat masuk di proyek strategi nasional (PSN) tersebut, dalam pengembangan sepenuhnya bakal dilakukan oleh investor.

Investor Singapura, sudah mulai tertarik buat mengelola karantina sapi di pulau yang berdekatan dengan pulau Batu Dinding ini.

Pulau Naduk telah ditetapkan sebagai lokasi karantina sapi, dan itu sudah tertuang di Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Belitung.

"Selanjutnya investor itu yang akan mengelola nya, dan sekarang sudah dalam pembahasan. Ini sudah masuk di RTRW, dan bukan perkara mudah mengubah RTRW itu," ucap Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) kepada posbelitung.co, Minggu (22/7/2018).

Pulau yang berbeda daratan dengan Tanjungpandan itu, kini sudah ditetapkan secara nasional sebagai karantina ternak nasional.

Peruntukan pulau ini sudah tertuang didalam peraturan pemerintah (PP) nomor 3 tahun 2016.

"Cuma kemarin ada beberapa kendala teknis, mungkin pemerintah pusat akan menyerahkan ini (pengelolaan pulau Naduk) ke pihak swasta. Nah sekarang pihak swasta nya sudah dalam proses, itu tetap dijadikan karantina sapi atau minimal jadi kawasan ternak sapi dengan lahan yang luas," ujarnya.

Pulau Naduk memiliki luasan sekitar 2.200 hektar dan berada tidak jauh dari jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved