Bisa Didenda Rp 5 Juta Riyal, Bupati Ingatkan Calhaj Jangan Sebarkan Konten Paham Radikal

Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengingatkan para calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Bangka jangan menyebarkan berita hoax

Bisa Didenda Rp 5 Juta Riyal, Bupati Ingatkan Calhaj Jangan Sebarkan Konten Paham Radikal
Bangka Pos / Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika menyampaikan sambutan ketika para calhaj Kabupaten Bangka Tahun 2018, Senin (23/7/2018) di Masjid Agung Sungailiat 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengingatkan para calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Bangka jangan menyebarkan berita hoax apalagi yang terkait paham radikal seperti terorisme.

Pasalnya pemerintah Arab Saudi akan menjatuhkan sanksi berat bagi pelakunya.

Bagi yang melanggar larangan tersebut bisa dipidana selama 10 tahun dan denda sebesar lima juta Riyal atau sekitar Rp 17 milyar.

"Bagi para jamaah haji kita jangan sampai menyebar berita hoax, berita yang mengandung radikalisme seperti terorisme ini hukumannya sangat berat. Jadi hati-hati jangan mengupload berita-berita yang mengandung unsur radikalisme," pesan Tarmizi ketika melepas para calhaj Kabupaten Bangka Tahun 2018, Senin (23/7/2018) di Masjid Agung Sungailiat.

Dia juga mengimbau agar para calhaj jangan mengambil foto orang-orang Arab tanpa izin yang bersangkutan karena bisa dituntut dan terancam hukuman.

Tarmizi berpesan agar para calhaj hasal Kabupaten Bangka bisa melaksanakan ketentuan ibadah haji sesuai dengan manasik haji baik yang dilaksanakan di desa-desa maupun oleh kementerian agama.

Selain itu juga dia mengimbau agar para calhaj menjaga kesehatan karena kondisi cuaca di Mekkah dan Madinah yang panas.

"Untuk calon jamaah haji tahun depan yang sudah masuk dalam list daftar bisa berangkat, dari sekarang mempersiapkan diri dan menyelesaikan administrasi yang belum," kata Tarmizi.

Dia menilai semakin banyak jamaah haji dari Kabupaten Bangka bisa membuat daerah ini penuh keberkahan, tentram dan aman.

Para jamaah haji juga harus merubah mindset seperti rajin salat berjamaah di masjid, aktif majelis taklim dan rasa saling toleransi umat beragama semakin meningkat. "Bekas dan hasil mereka ke Mekkah tercermin dalam kehidupan sehari-hari baik berumahntangga, berbangsa dan bernegara," harap Tarmizi.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved